5 Cara Mengatasi Lag di PES / eFootball PC Paling Ampuh

Pemain game PES di PC, pasti sering terhambat karena alasan lag in game yang menyebalkan. Kalau masalah ini sudah muncul, udah gak ada cara lain selain harus segera mengatasi lag PES di PC yang kalian gunakan. Hal ini bertujuan agar masalah lag tidak makin berkepanjangan dan mengganggu kegiatan gaming kalian.

Oleh karena alasan di atas segitekno.com memiliki beberapa rekomendasi cara ampuh yang dijamin menghilangkan lag dalam sekejap mata. Mau tahu apa saja langkah dan caranya ? Ikuti saja kiat-kiat di bawah ini :

1. Melakukan Upgrade PC

Cara pertama ini adalah langkah mengatasi lag di PES PC yang paling sederhana, simple cepat, mudah, tapi membutuhkan banyak biaya. Meski begitu, dijamin lag gak akan pernah muncul lagi untuk menghalangi gameplay PES di PC kalian.

Kalau kalian hendak melakukan upgrade PC, silakan mengikuti rekomendasi build komponen PC seperti di bawah ini :

  • Gunakan processor 64-bit dan operasi sistem sebagai berikut :
    • OS: Windows 10 – 64bit
    • Processor: Intel Core i5-7600 / AMD Ryzen 5 1600
    • Memory: 8 GB RAM
    • Graphics: GeForce GTX 1060 / AMD Radeon RX 590
    • Network: Broadband Internet connection
    • Storage: 50 GB available space

Dengan build PC seperti di atas, dijamin kalian bisa say good bye pada lag di PES PC kalian.

Rekomendasi: 4 Cara Mengatasi Lag, Fps Drop, Patah Patah di FIFA Mobile

2. Melakukan Overclock

Cara Mengatasi Lag di PES PC dengan Overclock PC

Cara ke dua ini adalah langkah mengatasi lag di PES PC yang jauh lebih murah dibanding cara pertama. Tapi sebelum itu kalian harus paham dulu apa itu overclock.

Overclock adalah suatu cara yang bisa digunakan oleh pengguna komputer atau PC untuk membuat part komputer tertentu bisa bekerja di performa atau kecepatan yang lebih tinggi dari standar yang dibuat oleh pembuat komponen perangkat.

Overclock memang bisa membaut perangkat kalian bekerja lebih cepat, tapi overclock juga bisa membuat sistem jadi kurang stabil bahkan bisa membuat part yang di-overclock mengalami kerusakan. Karena pada dasarnya overclock adalah memaksa part komputer tertentu untuk bekerja di atas standar pabrik.

Part komputer yang bisa di overclock meliputi CPU, GPU, dan RAM. Untuk melakukan overclocking, pastikan kalian mempercayakan pada tenaga ahli. Jangan sembarang melakukan overclocking sendiri tanpa adanya tenaga operasional. Alih-alih berhasil overclock, malah bisa-bisa rusak di tengah jalan.

3. Melakukan Setting PES di File Explorer

Mulai dari cara nomor 3 ini, kalian bisa mengatasi lag PES di PC tanpa harus berkaitan dengan spesifikasi PC kalian, seperti melakukan upgrade dan overclocking.

Cara nomor 3 ini bisa kalian lakukan dengan menuju File Explorer > Local Disk C > Program File (X86) > steam > steamapps > common > PES. Di dalam folder PES kalian akan menemui beberapa file, klik kanan Settings.exe > Run as administrator > Ikuti setting seperti pada gambar di atas > OK.

Rekomendasi: 6 Cara Mengatasi Lag & Patah-Patah FIFA PC

4. Menghilangkan Penonton PES

Penonton dalam game PES PC adalah bagian dari grafik yang membutuhkan kinerja dari GPU atau GPU kalian. Jadi tampilan penonton secara tidak langsung juga menambah kinerja GPU kalian.

Kalau GPU kalian RTX 4090 gak masalah, tapi kalau kalian paki GPU kacangan dari generasi lama tampilan supporter atau penonton akan menambah beban kinerja GPU. Oleh sebab itu lebih baik hilangkan saja tampilan penonton PES-nya.

Kalian bisa membuka artikel “Cara Menghilangkan Penonton di PES PC” berikut untuk tutorial lengkapnya.

Rekomendasi: 6 Cara Setting Grafik FIFA 23 PC Agar Tidak Lag

5. Melakukan Setting Video

Cara Mengatasi Lag di PES PC dengan Setting Grafaik

Cara mengatasi lag di PES PC selanjutnya adalah dengan melakukan setting video atau setting grafik di in game PES yang ada di PC kalian masing-masing.

Untuk mengatur grafik, kalian bisa langsung masuk ke menu Setting > System Settings > Game Speed Settings. Kalian bisa mengatur kecepatan game jadi 2, agar saat bermain game tidak tampak lambat

Jika sudah kalian bisa masuk ke Settings > System Settings > Video Settings. Kemudian setting menjadi rata-rata Low dengan detail yang bisa kalian samakan seperti pada gambar di atas.

Untuk bisa membuat setting sesuai kemauan masing-masing, kalian bisa pilih opsi Custom pada menu setting Graphics Quality.

Sekian tips dari segitkeno.com untuk cara mengatasi lag di PES PC. Semoga membantu dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar