10 Cara Mengatasi Baterai Boros Saat Main Game Android Online / Offline

Baterai Boros saat Main Game – Saat ini smartphone menjadi hal yang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari kebanyakan orang. Smartphone bukan hanya berfungsi untuk berkomunikasi saja, dengan perangkat ini penggunanya juga bisa bermain game.

Namun banyak dari mereka sering mengeluh disaat baterai boros saat main game. Penggemar game android biasanya bermain 3-5 jam perharinya dengan game yang berbeda-beda. Sehingga, smartphone tentu bekerja terus menerus yang mengakibatkan baterai lebih cepat habis.

Tak bisa dipungkiri bahwa game android menawarkan hiburan yang tak akan pernah membuat bosan pemainnya. Tetapi beberapa permainan dengan grafis yang tinggi memakan daya baterai yang tak sedikit.

Oleh karena itu, pemain game android harus mengetahui cara hemat baterai saat main game. Dengan begitu, baterai akan lebih lama bertahan sehingga bisa digununakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Jika kalian ingin menghemat baterai saat main game, coba terapkan 10 cara mengatasi baterai boros saat main game android online / offline.

Cara Mengatasi Baterai Boros Saat Main Game Android

1. Turunkan kecerahan ponsel Anda

baterai boros saat main game

Banyak orang lebih nyaman bermain game dengan kecerahan layar smartphone yang tinggi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena dengan kecerahan yang cukup, game akan lebih seru saat dimainkan. Tapi ingat, baterai smartphone kalian akan lebih cepat habis.

Masalah ini bisa diatasi dengan menurunkan kecerahan layar pada smartphone. Cara yang satu ini dianggap ampuh untuk menghemat baterai saat main game.

Resikonya, kenyamanan dalam bermain game mungkin akan sedikit terganggu. Layar yang menjadi lebih gelap sehingga pemain game akan kurang leluasa dalam memainkan game tersebut.

Bermainlah di tempat yang terang, jadi meski kecerahan layar smartphone diredupkan, tidak akan terlalu mengganggu saat bermain game.

2. Mengatur Grafis Game Menjadi Low

baterai boros saat main game

Setiap pemain game android pasti menginginkan game dengan grafis yang terbaik. Saat ini banyak game yang memiliki grafis hampir real seperti PUBG, Free Fire dan lain sebagainya. Namun bermain game dengan grafis tinggi sangat berpengaruh terhadap ketahanan baterai smartphone. Karena cpu maupun ram akan bekerja lebih ekstra dari biasanya.

Biasanya dalam game android terdapat beberapa pilihan grafis seperti High, Medium dan Low. Untuk bisa bermain game dengan durasi yang lebih lama, kalian perlu mengatur grafis game menjadi Low. Sehingga kerja perangkat smartphone bisa lebih ringan. Cara ini juga berguna untuk mengatasi smartphone mengalami cepat panas.

3. Mengaktifkan Mode Hemat Baterai

baterai boros saat main game

Mengaktifkan mode hemat baterai menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi baterai boros saat bermain game. Tak jarang developer game juga menyediakan opsi penghemat daya untuk menghemat baterai.

Selain itu, untuk mengaktifkan mode hemat baterai ini bisa dilakukan melalui menu pengaturan dan pilih opsi Battery Saver atau penghemat baterai. Cara ini bisa dilakukan jika kalian tidak ingin repot-repot menggunakan aplikasi penghemat baterai.

4. Matikan Sound Game

Tak seru rasanya jika bermain game tanpa mengaktifkan suaranya. Bermain dengan mengaktifkan suara akan menambah keseruan dalam bermain game. Tanpa suara tersebut, permainan akan menjadi sepi dan sangat membosankan. Tetapi perlu kalian ketahui, suara game akan sangat menguras daya sehingga membuat baterai menjadi boros.

Suara bisa dibilang menjadi salah satu yang membuat baterai boros. Pemakaian baterai akan lebih besar ketika suara game diaktifkan. Namun jika ingin tetap menggunakan suara game, kalian bisa mengecilkan volume suara. Bermain game akan tetap seru dan baterai menjadi lebih awet.

5. Nonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan Di Background

baterai boros saat main game

Tanpa disadari, baterai tetap akan berkurang meski tidak dipakai sama sekali. Hal itu disebabkan karena ada aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background. Aplikasi tersebut biasanya, Facebook, Instagram, Email, Google dan lain sebagainya. Kalian tentu sering mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut.

Pemakaian baterai akan cepat boros ketika banyak notifikasi yang muncul, apalagi saat bermain game, permainan tentu akan sangat terganggu. Jika kalian ingin menghemat baterai saat bermain game, coba nonaktifkan aplikasi yang berjalan di background.

6. Nonaktifkan Bluetooth dan Wi-Fi Saat Kalian Bermain

baterai boros saat main game

Jika kalian bermain game menggunakan data seluler, lebih baik matikan pengaturan Wi-Fi atau Bluethooth. Ketika Wi-Fi maupun Bluethooth diaktifkan, keduanya akan berusaha mencari titik aksesnya.

Hal itu jelas akan menghabiskan baterai saat bermain game. Matikan saja keduanya jika memang tidak dibutuhkan. Saat daya tahan baterai lebih lama, tentu tidak akan mengalami masalah ketika bermian game.

7. Mainkan Game Yang Sesuai Dengan Smartphone

Beberapa game membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi seperti RAM, processor, hingga penyimpanannya. Kinerja tinggi dari game tersebut membuat daya baterai cepat terkuras.

Sehingga yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai saat bermain game, ialah dengan memainkan game yang sesuai dengan smartphone kalian. Jangan sampai memaksakan game yang berat untuk dimainkan di smartphone dengan spesifikasi rendah atau tidak sesuai.

8. Mengaktifkan Flight Mode/ Mode Pesawat

Cara memang terbukti ampuh untuk menghemat baterai saat bermain game. Ini akan sangat membantu ketika kalian ingin menaikkan level game yang mengharuskan bermain game dalam waktu yang lama. Hal ini bisa dilakukan ketika kalian menggunakan koneksi Wi-Fi saat bermain game.

Saat flight mode atau mode pesawat diaktifkan, otomatis tidak aka nada telepon maupun sms yang masuk, sehingga baterai tidak akan terbebani. Jaringan seluler juga pastinya akan nonaktif secara otomatis, sehingga baterai masih bisa bertahan hingga waktu yang lebih lama.

9. Menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Saat ini banyak aplikasi yang berfungsi untuk menghemat baterai saat bermai game, salah satu aplikasinya bernama Greenify. Aplikasi yang dikembangkan oleh Oasis Feng ini sudah tersedia di Google Playstore dan lebih dari 10 juta download.

Berbagai mode penghemat daya bisa digunakan ketika kalian sudah menginstal aplikasi ini. Kalian bisa menyesuaikan settingan mode penghematnya sendiri, dari mulai ringan hingga hardcore. Dengan menggunakan aplikasi penghemat baterai seperti Greenify ini, kinerja RAM juga akan semakin ringan.

Alhasil smartphone menjdi lebih cepat saat digunakan, sehingga membuat nyaman saat bermain game.

10. Menggunakan Powerbank

Powerbank menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghemat baterai saat bermain game. Ketika smartphone tengah digunakan untuk bermain game, pemakaian dayanya tentu sangat besar.

Hal itu berakibat pada borosnya pemakaian baterai. Gunakan powerbank ketika peringatan daya baterai hampir habis muncul, yang biasanya terjadi ketika baterai tersisa 20%. Kalian bisa menyesuaikan besaran kapasitas powerbank yang akan digunakan.

Baca Juga

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai saat bermain game yang bisa kalian lakukan. Saat baterai awet, kalian tentu akan lebih asyik dan tidak terganggu ketika push rank atau menaikkan level game kalian.

Demikian artikel mengenai 10 cara mengatasi baterai boros saat main game android online / offline. Jika ada keluhan atau masalah dapat meninggalkan jejak dikolom komentar.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar