7 Keunikan dan harga lovebird biru mangsi (Lengkap dengan Tips Pengembangannya)

3 min read

Lovebird si burung setia sangat banyak diburu oleh penghobi burung di indonesia. Salah satu jenis yang paling digemari adalah lovebird biru mangsi. Warna yang cantik dengan suara gacornya tidak membuat harga lovebird biru mangsi bisa melambung terlalu tinggi.

Ditambah lagi produktivitas burung yang cukup baik dalam menghasilkan anakan. Hal ini tentu bisa jadi kesempatan berbisnis. Sebelum mulai memelihara, ada baiknya mengenal serba – serbi lovebird biru mangsi sebagai gambaran awal.

Habitat Asli Lovebird

Burung lovebird memiliki habitat asli di dataran Afrika. Beberapa jenisnya asli berasal dari Madagascar. Lovebird membuat sarangnya di batang pohon, ranting atau batuan vertikal yang memiliki rongga. Dalam satu sarang diisi sepasang lovebird.

Lovebird yang hidup di habitat asli bisa hidup hingga rentan waktu 15 tahun. Berbeda dengan lovebird peliharaan yang rata – rata bisa hidup paling lama hingga 12 tahun saja.  Mereka hidup secara liar dan bergerombol.

Ciri – Ciri Lovebird Biru Mangsi

Sesuai namanya lovebird biru mangsi memiliki bulu badan berwarna biru yang indah. Bulu lehernya berwarna putih sedangkan bulu kepalanya berwarna hitam atau abu pudar. Sedangkan warna gradasi hitam biasanya dimiliki oleh lovebird biru mangsi fischeri atau lovebird mangsi fc.

Beralih ciri bagian lainnya, lovebird jenis ini memiliki paruh merah muda atau oranye. Rata – rata lovebird mangsi memiliki panjang maksimal 15 cm dengan berat 50 gram. Warna biru terang dengan perpaduan ciri lainnya bisa jadi pembeda lovebird biru mangsi dengan jenis lainnya.

Keunikan Lovebird Biru Mangsi

Biru mangsi sebagai varian jenis dari burung lovebird memiliki keunikannya tersendiri. Tidak jarang keunikan ini membuat terkesan orang yang melihatnya. Perpaduan fisik dan kecerdasannya menjadikan varian ini unggul. Lalu apa saja keunikan tersebut?

1. Warna Biru yang Mencolok

Warna birunya yang mencolok jadi keunikan yang pertama. Berbeda dengan jenis lain yang biasanya memiliki warna dasar seperti hijau, merah atau kuning. Warna ini terlihat unik sekaligus menenangkan.

2. Ukuran Relatif Kecil

Ukuran yang relatif kecil memudahkan Anda memilih sangkar yang tepat. Anda juga bisa fokus pada hewan peliharaan karena bisa memusatkan perhatian untuk merawatnya secara optimal.

3. Mudah Dijinakan

Pada dasarnya lovebird merupakan hewan liar. Naluri hewannya selalu terbawa selama apapun proses pemeliharaannya. Tapi berbeda dengan lovebird jenis ini karena mudah dijinakan. Hasilnya burung bisa dilepas dari sangkar dan tidak akan melarikan diri.

4. Mudah Beradaptasi

Lovebird biru mangsi mudah beradaptasi. Dengan kata lain jenis ini terbilang mudah untuk dilatih. Anda bisa melatih beberapa hal seperti suaranya agar tambah gacor, atau melakukan beberapa trik lain layaknya hewan sirkus.

5. Suara Ngekek yang Unik

Suara ngekek lovebird biru mangsi sering dibandingkan dengan lovebird paud paruh putih. Alasannya karena kedua jenis ini memiliki suara ngekek yang unik. Khususnya pada jenis mangsi. Suara ngekeknya bisa dijadikan bahan masteran.

6. Setia

Rasanya semua orang sudah mengetahui keunikan burung yang satu ini. Ya, lovebird terkenal akan sifat setianya. Itu juga berlaku pada jenis biru mangsi. Dalam rentang hidupnya lovebird biru mangsi hanya akan memilih dan menjaga 1 pasangan hidup saja.

7. Harga Terjangkau

Dengan segala keunggulannya lovebird biru mangsi ternyata dipatok dengan harga terjangkau. Sekarang Anda bisa mendapatkannya hanya dipatok sebesar 400 ribu. Sedangkan untuk sepasang harga lovebird biru mangsi dipatok 1,5 juta.

Daftar Harga Burung Lovebird Biru Mangsi

Harga lovebird biru mangsi perso ataupun harga lovebird biru mangsi dewasa banyak dicari karena jadi pilihan favorit. Tetapi, sebagai penghobi burung sejati tentu tidak ada salahnya mengetahui range harga lovebird biru lainnya untuk penambah wawasan. Berikut list harga terbaru 2020.

Jenis BurungHarga
Lovebird lolohan biru mangsiRp 500.000
Lovebird Biru Mangsi Ring PKBFRp 450.000
Lovebird biru mangsi persoRp 675.000
Lovebird biru mangsi anakan unggulRp 700.000
Lovebird biru mangsi perso muda ngekekRp 465.000
Lovebird biru mangsi & blue iceRp 600.000
Lovebird biru mangsi jantan umur 3 bulanRp 450.000
Lovebird blue ice,biru mangsi,cobalt ring prospekRp 1.700.000
Lovebird biru mangsi sepasangRp 1.500.000

Tips Membuat Lovebird Ngekek Panjang

Anda sebagian penghobi burung tentu ingin peliharaannya bisa bersuara panjang alias ngekek panjang. Apalagi lovebird ngekek panjang bisa diikutsertakan dalam lomba. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencetak lovebird ngekek panjang.

1. Mandikan dan Jemur Burung

Mandikan lovebird dengan teknik semprot dua tahap yang dilakukan pada kisaran jam 7 hingga jam 11 pagi. Setiap setelah dimandikan burung bisa di jemur di bawah matahari. Ini bisa merangsang burung untuk terus berkicau.

2. Periksa Kesehatan Burung secara Berkala

Anda juga perlu memastikan kesehatan burung secara berkala. Bisa jadi kicauan burung terkendala karena kesehatannya. Cobalah untuk memberikan pakan selingan seperti sayur, kecamba atau buah apel.

3. Pemasteran

Lakukan pemasteran setiap hari dengan durasi satu jam setengah hanya di sore hari. Pasanglah dua suara pemancing sekaligus agar prosesnya lebih cepat. Pemasteran juga bisa dilakukan dengan rekaman memutar rekaman audio.

Tips Ternak Lovebird yang Mudah Dilakukan

Tentu saja hobi bisa dijadikan ladang bisnis. Jika sudah fasih merawat Anda bisa melakukan budidaya lovebird. Namun ada hal tertentu yang harus disiapkan sebelum melakukannya. Berikut tips ternak lovebird yang mudah untuk dilakukan pemula :

1. Persiapkan Indukan yang Unggul

Hal pertama yang harus disiapkan adalah bibit yang unggul. Bibit unggul bisa mengurangi kemungkinan cacat pada turunannya. Jangan sungkan untuk membeli bibit dengan harga tinggi. Anggap saja investasi bisnis yang akan terus menguntungkan di kemudian hari.

2. Sediakan Kandang yang Ideal

Selanjutnya sediakan kandang yang Ideal. Kandang diisi dengan tempat mandi, makananan, minum dan tempat bertengger yang nyaman. Setiap kandang diisi maksimal 1 pasang burung. Ini dilakukan untuk mempercepat pembuahan.

3. Perhatikan Suhu Sekitar

Suhu yang tepat juga perlu diperhatikan. Jangan letakan kandang di dekat terik matahari atau diletakan di tempat bersuhu lembab untuk menghindari penyakit. Simpanlah kandang burung di lingkungan dengan suhu sedang cenderung sejuk.

4. Pasang Sarang untuk Bertelur

Untuk mempercepat pembuahan jangan lupa untuk memasang sarang di dalam kandang. Sarang bisa ditempatkan di pojokan belakang kandang. Sarang dibuat serat kayu dan agak tebal agar burung betina nyaman mengerami telurnya.

5. Antisipasi Kemungkinan Terburuk

Anda juga harus mengantisipasi hal buruk yang mungkin saja terjadi. Antisipasi hal tersebut dengan memberikan pelayanan prima pada burung. Selain memberi makanan utama, berikan makanan selingan lengkap dengan pemberian vitamin.

Harga lovebird biru mangsi bisa mengalami kenaikan sesuai musimnya. Sebelum itu terjadi Anda bisa membeli saat harganya normal. Silahkan terapkan beberapa tips di atas untuk memulai bisnis burung lovebird biru mangsi milik sendiri.

baca informasi mengenai burung hanya di thebirdnature.com

Asus ROG? Harus Pakai? Apa Untungnya? #WeAreROG #ASUSROGID #ROG

Ok guys, kali ini gua mau membahas tentang Asus ROG. Yaa, yang akan saya bahas gak cuma laptop saja, tapi juga produk dan hal...
Yosiko Aditya
51 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.