Fungsi Buku Kas untuk Pencatatan Keuangan

Alat manajemen keuangan yang terbilang paling tua disebut dengan buku kas. Walaupun dianggap tua, tetapi buku kas ini masih digunakan sampai saat ini. Fungsi buku kas untuk pencatatan keuangan memang menguntungkan bagi pemilik usaha. Pemilik usaha dapat mengontrol keluar masuknya kas setiap bulannya dengan mudah, jika ada buku kas.

Itulah sebabnya buku kas ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha. Bentuk buku kas ini sebenarnya sederhana, dan biasanya terdiri dari 3-4 kolom yang meliputi saldo, keterangan, kredit dan juga debitnya. Penjelasan transaksi masuk dan keluar biasanya dimasukkan ke dalam kolom keterangan. Kolom debit dan juga kas masuk masuk ke dalam jumlah penerimaan uang.

Fungsi Buku Kas untuk Pencataan Keuangan Bagi Para Pengusaha

bukuwarung

Mungkin sebagian besar pengusaha kecil beranggapan bahwa buku kas ini tidak penting atau tidak perlu. Padahal sebenarnya buku kas juga sangat bermanfaat bagi para pengusaha kecil dan menengah. Pembuatan buku kas ini menjadi salah satu cara dalam mengelola usaha dengan baik.

Contoh buku kas sendiri, bisa Anda cek di website BukuWarung.com.

 Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat dari adanya buku kas dalam pencatatan keuangan:

1. Dapat Melindungi Uang Anda

Walaupun buku kas tidak dapat melindungi Anda dari kasus pencurian, tetapi buku kas bisa menjadi bukti yang sah apakah ada uang yang berkurang atau bertambah di dalam keuangan Anda. Sama halnya dengan buku tabungan yang akan melindungi uang yang Anda simpan di Bank, begitupun dengan buku kas.

Itulah salah satu fungsi dari buku kas, yang mencantumkan seluruh catatan keuangan tentang transaksi dan jumlah saldo yang Anda miliki.

2. Menganalisa Sumber Penghasilan Usaha

Apabila saldo kas tiba-tiba melonjak, jangan dulu berpikir bahwa hal itu menandakan bahwa kondisi keuangan perusahaan sedang membaik. Hal itu disebabkan oleh kas masuk bisa berasal dari mana saja. Misalnya dari penjualan aset non usaha, penerimaan pinjaman dari debitor, pembayarang uang muka, dan lain sebagainya.

Adanya buku kas tersebut maka Anda bisa menganalisi kembali dari mana saja sumber penghasilan usaha yang ada. Untuk itu, Anda harus mencatat segala transaksi supaya tidak kebingungan di masa mendatang.

3. Memonitor Tujuan Uang Mengalir

Kunci sukses dalam mengelola keuangan usaha adalah mampu mengendalikan biaya dan juga pengeluaran kas. Seluruh pengeluaran kas itu harus sesuai dengan tujuan dari usaha Anda. Informasi mengenai kegunaan uang yang Anda keluarkan juga tersedia di dalam buku kas tersebut.

Buku kas mampu memonitor serta mengendalikan pengeluaran, supaya jumlahnya tidak di luar rencana dan tidak lebih besar dari jumlah pemasukan.

4. Mengetahui Sejauh Apa Pengembangan Usaha yang Ada

Dalam menilai sebuah performa keuangan di dalam suatu usaha, dibutuhkan laporan keuangan secara lengkap. Hal itu bisa didapatkan dari sistem akuntansi. Namun sistem tersebut juga sering dianggap rumit dan hanya bisa dilakukan oleh profesional. Dalam menganalisa lebih detail perkembangan usaha Anda, juga bisa dilakukan melalui buku kas tersebut.

5. Mengambil Keputusan Usaha dengan Lebih Baik

Keputusan usaha biasanya diambil dari beberapa data yang sifatnya akurat. Anda tak bisa mengambil keputusan tanpa melihat informasi atau data yang pasti. Maka Anda bisa mengambil keputusan tentang masalah di dalam usaha Anda, dengan melihat laporan dari buku kas itu sendiri.

Beberapa fungsi buku kas untuk pencatatan keuangan di dalam dunia usaha ternyata sangat menguntungkan pengusaha. Supaya bisa membuat laporan buku kas dengan hasil yang akurat dan informasi yang tepat, gunakan saja aplikasi laporan keuangan BukuWarung. Cara menggunakannya juga mudah dan fiturnya lengkap.

Asus ROG? Harus Pakai? Apa Untungnya? #WeAreROG #ASUSROGID #ROG

Ok guys, kali ini gua mau membahas tentang Asus ROG. Yaa, yang akan saya bahas gak cuma laptop saja, tapi juga produk dan hal...
Yosiko Aditya
51 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.