Segitekno » tips » 3 Cara Membuka HP iPhone yang Terkunci Lupa Pola/ sandi

3 Cara Membuka HP iPhone yang Terkunci Lupa Pola/ sandi

Gilas Mei 29, 2023

Membuka HP iPhone yang Terkunci – Mau pakai HP Android atau mau pakai HP sekelas iPhone sekalipun, pasti yang namanya lupa sandi pasti bisa saja terjadi. Masalahnya bukan di HP nya, melainkan di penggunanya.

Sebenarnya lupa juga bukan masalah dari setiap pengguna, karena pengguna HP adalah manusia yang gak lepas dari salah dan lupa. Jadi wajar saja kalau ada kejadian lupa pola & sandi yang mengakibatkan HP jadi terkunci.

Masalah HP terkunci karena lupa pola & sandi ini menjadi momok yang sangat ditakuti oleh pengguna perangkat serba bisa ini. Walau memang kejadian lupa pola & sandi yang mengakibatkan HP terkunci ini hampir jarang terjadi.

Tapi, kalau sampai masalah HP terkunci ini terjadi, membuat pemilik HP jadi pusing tujuh keliling. Bagaimana tidak ? Kejadian HP terkunci ini membuat semua data yang ada di HP jadi gak bisa di akses.

Selain tidak bisa diakses, data yang ada di HP juga terancam hilang semua. Karena pada umumnya, cara membuka HP yang terkunci karena lupa pola adalah dengan melakukan factory reset.

3 Cara Untuk Membuka HP iPhone yang Terkunci

Factory rest adalah langkah yang paling terakhir kalau memang sudah tidak ada jalan lagi yang bisa ditempuh untuk membuka kunci pada layar tanpa reset HP. Oleh karena itu, pastikan kalian mengingat-ingat sebisa mungkin apa sandi yang kalian lupakan.

Kalau pada akhirnya gak bisa ingat sama sekali, coba deh 2 cara yang segitkeno.com bagikan di bawah ini. Jika masih belum bisa, mau gak mau kalian tetap harus melakukan reset pada HP iPhone tersayang kalian dengan cara nomor 3

1. Menggunakan Fitur Touch ID

Membuka HP iPhone yang Terkunci Tanpa Factory Reset

Salah satu cara membuka HP iPhone yang terkunci karena lupa pola & sandi tanpa factory reset adalah dengan menggunakan fitur Touch ID.

Fitur Touch ID pada iPhone adalah fitur yang sama dengan fitur Fingerprint yang ada di Android. Fitur ini memanfaatkan pola sidik jari yang pasti dimiliki setiap manusia.

Sidik jari digunakan untuk fitur keamanan adalah suatu terobosan yang luar biasa. Hal ini karena sidik jari yang dimiliki setiap orang pasti berbeda satu sama lain.

Karena sidik jadi setiap orang tidak ada yang sama, maka bisa dipastikan kalau sidik jari sebagai fitur keamanan jadi lebih sulit ditembus.

Fitur sidik jari sebagai akses keamanan sendiri mulai dikembangkan sejak tahun 1800-an. Sementara mulai diterapkan di ponsel pada tahun 1998 pada sebuah ponsel Siemens dan prototipe-nya pada awal tahun 1998.

Kemudian pada tahun 2000 muncul laptop Toshiba yang memungkinkan pengguna membuka perangkatnya dengan sidik jadi. Dari sinilah pertama kalinya muncul fingerprint scanner.

Pada HP iPhone, sendiri fitur Touch ID dimulai sejak perangkan iPhone 5s yang rilis pada 2013. Hingga saat ini fitur ini juga masih digunakan pada HP iPhone sebagai opsi keamanan HP.

Untuk bisa membuka HP iPhone yang terkunci karena lupa pola & sandi dengan Touch ID, pastikan kalian sudah mengaktifkan fitur ini di pengaturan.

Setelah aktif, kalian bisa membuka HP kalian dengan sidik jadi. Jadi gak perlu input pola dan sandi yang sudah terlupa.

2. Menggunakan Fitur Face ID

Membuka HP iPhone yang Terkunci Tanpa Reset HP

Fitur Face ID juga bisa jadi opsi membuka HP iPhone yang lupa pola dan sandi tanpa reset HP selain menggunakan Touch ID.

Sama seperti Touch ID, agar fitur ini bisa digunakan saat kondisi darurat, kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan, jauh-jauh hari sebelum kalian melupakan sandi iPhone kalian.

Untuk mengaktifkan fitur keamanan ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi.
  • Masukkan sandi, kalau belum silakan atur sandi terlebih dahulu.
  • Tap Atur Face ID.
  • Pastikan iPhone kalian dalam posisi potret (berdiri) > Posisikan wajah di depan HP > tap tombol Mulai.
  • Posisikan wajah pada bingkai yang disediakan, lalu secara perlahan gerakkan kepala untuk menyesuaikan lingkaran.
  • Setelah pemindaian Face ID tahap pertama selesai, tap tombol Lanjutkan.
  • Gerakkan kepala perlahan untuk menyelesaikan lingkaran untuk kedua kalinya.
  • Terakhir, tinggal tap tombol Selesai.

Fitur Face ID untuk membuka HP iPhone yang terkunci ini sendiri tersedia sejak rilisnya iPhone X pada tahun 2017. Fitur Face Id ini kemudian mulai diadaptasi Google pada update OS Android Q Beta 4 pada 5 Juni 2019.

3. Melakukan Reset Data iPhone (Tutorial lengkap)

Membuka HP iPhone yang Terkunci dengan Reset Data

Sebelumnya sudah segitkeno.com bahas dengan lengkap cara membuka iPhone yang terkunci menggunakan Touch ID dan Face ID. Dua cara ini memungkinkan HP iPhone kalian terbuka lagi tanpa factory reset,

Tapi, dua cara tadi menuntut kalian untuk sudah mengaktifkan fitur Touch ID dan/ atau Face ID jauh-jauh hari sebelum kalian mengalami masalah lupa pola & sandi.

Padahal belum tentu kalian semua mengaktifkan fitur ini bukan ? Walau sebenarnya juga jarang orang yang tidak mengaktifkan dua fitur praktis ini.

Kalau ternyata kebetulan kalian gak mengaktifkan fitur Touch ID dan/ atau Face ID, maka kalau sewaktu-waktu kalian lupa pola & sandi lock screen iPhone, jalan satu-satunya untuk membuka HP kalian lagi adalah dengan melakukan reset data.

Seperti yang kalian tahu, reset data ini bakal menghapus semua data yang ada di HP iPhone kalian. Hapus data ini sifatnya permanen, kecuali kalau sebelumnya kalian sudah sempat mencadangkannya.

Memang cara yang satu ini sangat di sayangkan. Tapi mau bagaimana lagi, ini adalah satu-satunya cara agar HP iPhone kalian bisa dibuka dan digunakan dengan normal lagi.

Nah, untuk membuka HP iPhone yang terkunci dengan reset data iPhone, kalian bisa mengikuti step by step berikut ini :

Persiapan :

  • Siapkan komputer (Mac atau PC)
    • Kalau kalian pakai PC, pastikan menggunakan Windows 10 atau yang lebih baru.
    • Pastikan sudah terpasang iTunes di Windows kalian.
  • Siapkan kabel USB yang bisa menghubungkan iPhone dan komputer.

Mematikan iPhone :

  • Matikan iPhone kalian :
    • iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, dan versi yang lebih baru gunakan tombol volume down dan tombol samping.
    • iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, dan iPhone 6 gunakan tombol samping.
    • iPhone SE (generasi ke-1), iPhone 5s, dan versi lebih lama gunakan tombol atas.
  • Tekan dan tahan tombol yang sudah dijelaskan sampai muncul penggeser daya mati.
  • Setelah penggeser daya mati muncul, geser opsi ini untuk mematikan iPhone kalian.

Mode Pemulihan :

Setelah HP iPhone mati, kalian perlu mengaktifkan mode pemulihan untuk membuka perangkat yang terkunci dengan cara reset data.

  • Untuk masuk ke Mode Pemulihan iPhone, silakan tekan tombol sesuai penjelasan di bawah ini setelah iPhone kalian dalam kondisi mati.
    • iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, dan versi yang lebih baru gunakan tombol samping.
    • iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 6s, dan iPhone 6 gunakan tombol volume down.
    • iPhone SE (generasi ke-1), iPhone 5s, dan versi lebih lama gunakan tombol utama.
  • Tekan dan tahan tombol sesuai instruksi di atas, sambil segera menghubungkan HP iPhone kalian ke komputer.
  • Tahan tombol sesuai instruksi sampai muncul layar mode pemulihan iPhone, lalu lepaskan.

Jika yang muncul layar kode sandi, maka silakan matikan iPhone dan mulai lagi dari awal,

Kalau iPhone tidak menampilkan mode pemulihan, silakan hubungi Bantuan Apple.

Pemulihan iPhone :

  • Pastikan iPhone kalian sudah terhubung ke Finder (jika menggunakan Mac) atau ke iTunes (jika menggunakan PC).
  • Pilih opsi Pulihkan atau Perbarui.
    • Pulihkan : Hapus semua data.
    • Perbarui : Tanpa hapus semua data.
  • Tunggu proses unduhan selesai.
    • Kalau proses unduh lebih dari 15 menit, lalu perangkat keluar mode pemulihan > biarkan proses unduh selesai > matikan HP > mulai ulang lagi.
  • Tunggu proses selesai.
  • Cabut koneksi USB dari komputer ke iPhone, lalu kalian bisa mengatur ulang iPhone yang sudah tidak terkunci sandi.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk membuka lagi HP iPhone kalian yang terkunci karena lupa sandi lock screen.

Kalian bisa melakukan cara yang aman tanpa factory reset dan tanpa reset HP menggunakan Touch ID dan/ atau Face ID yang harus sudah kalian aktifkan sebelum masalah lupa pola & sandi terjadi.

Tapi, kalau kalian belum aktifkan Touch ID dan/ atau Face ID, maka satu-satunya cara untuk membuka HP kalian lagi adalah dengan reset data HP iPhone kalian.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait