Segitekno » Free Fire » 10 Cara Mengatasi Lag Koneksi & Ping 999+ Free fire (ping Tinggi) 2024

10 Cara Mengatasi Lag Koneksi & Ping 999+ Free fire (ping Tinggi) 2024

Gilas Januari 8, 2024

Free Fire merupakan game salah satu game online yang berjenis Battle Royal Karena merupakan game online, tentunya membutuhkan koneksi internet. Namun selalu ada aja masalah yang sering dihadapi para player Free Fire, misalnya saja koneksi ping Free Fire 999+. Sehingga butuh cara cepat menstabilkan ping Free Fire.

Masalah lag dan ping tinggi itu disebabkan oleh koneksi HP kalian yang payah. Ping merah di atas 999 membuat game Free Fire jadi lag. Lebih baik cek dulu koneksi sebelum main, jangan sampai bikin emosi karena sinyal yang ngaco!” Jumlah katanya sekitar 31.

apa penyebab koneksi/ ping 999+ di free fire?

  • Koneksi HP yang kurang bagus
  • Kalian bermain di daerah minim sinyal
  • salah menggunakan provider
  • menggunakan Wi-Fi yang lemot
  • menggunakan VPN

Nah bagaimana cara untuk mengatasi lag karena koneksi buruk di Free fire?

10 Cara Mengatasi Lag Koneksi & Ping 999+ Free Fire (FF)

Jika pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas cara mengatasi lag di Free fire, sekarang kita akan membahas hal yang serupa yaitu sama-sama mengatasi lag, namun di sini penyebab utamanya karena ping yang 999+ dan koneksi internet yang tidak stabil.

Terpaku pada ping 999+, hal itu menjadi setan utama yang menghalangi kesenangan bermain Free Fire dengan lag yang menggila. Lag itu bukan sekadar sedikit gangguan; kadang, membuat kita terpaku tak bergerak dalam hitungan detik, sementara waktu dalam game seperti Free Fire terasa berjalan secepat kilat. Satu detik terbuang bisa berarti selisih antara kemenangan dan kekalahan yang memilukan.

Dalama waktu satu detik bisa saja zone mengecil, musuh mendekat, ada perang, bahkan ada kawan satu tim yang harus segera ditolong. Oleh karena itu lag yang membuat kita jadi gak terhambat pergerakannya bakal sangat merepotkan dan berpotensi membuat kita kalah.

1. Hindari Main di Saat Tertentu

menghindari saat saat tertentu agar tidak lag main ff

Seringkali, cuaca dan waktu turut andil dalam kualitas jaringan yang kita gunakan. Tak bisa dipungkiri, beberapa penyedia layanan internet di Indonesia sering kali goyah saat cuaca buruk melanda, mengakibatkan gangguan yang menggerus koneksi kita.

Berikut adalah beberapa saat tertentu yang menyebabkan koneksi kalian buruk, sehingga mengakibatkan lag & Ping 999+ saat bermain Free fire

a. Saat jam 6-9 malam

Pada jam-jam tersebut merupakan puncaknya orang- orang menggunakan koneksi internet. Entah itu untuk download, browsing, nge-game dll.

CONTOH:

Misal di daerah kalian banyak yang menggunakan provider Indosat, nah orang-orang di daerah kalian pada jam 7 lagi banyak yang berinternet, yaaa imbasnya di jam 7 tersebut kemungkinan bakal lag

yaaa tidak semua tempat dan provider bakal lag, tetapi coba kalian cek dulu apakah lag atau tidak saat tersebut

b. saat hujan

setuju gak sih saat hujan koneksi internet kalian menjadi agak lemot?

entah itu untuk browsing, nonton Youtube, download, apalagi nge-game. ya memang saat hujan, koneksi menjadi terganggu, sehingga bisa mengakibatkan lag saat melakukan aktivitas dengan internet, misalnya bermain game online

c. Berkunjung ke Suatu tempat

saat kita bepergian ke suatu tempat, tentunya kondisi sinyal di setiap tempat akan berbeda beda.

Ketika kita sampai di suatu tempat dengan harapan kualitas koneksi yang oke, main Free Fire adalah hal yang seru. Tapi, kalau ternyata sebaliknya, lebih baik kita menepis niat untuk bermain FF. Biarlah daripada memendam emosi karena jaringan yang amburadul, lebih baik nikmati waktu dengan hal lain yang lebih menyenangkan.

Untuk tes jaringan dengan mudah, kalian bisa cek koneksi internet kalian baik dengan cara searching di google atau nonton video Youtube sebelum membuka game FF.

2. Jangan Gunakan VPN

Apa itu VPN, Cara Kerja & Hal-Hal yang Harus Anda Ketahui

VPN (virtual private network) adalah berinternet secara aman (secure) dan pribadi (private) dengan cara mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data

VPN ini sangat membuat koneksi menjadi tidak stabil. Selain itu, apabila kita menggunakan server VPN luar, pasti main game akan ngelag.

sehingga sebaiknya jangan gunakan VPN untuk main game. Bahkan dalam beberapa informasi menyebutkan bahwa menggunakan VPN rawan banned.

3. Gunakan Wi-Fi yang Ping-nya stabil

cara mempercepat wifi untuk main game free fire

Jika kalian lag main Free fire dikarenakan koneksi HP yang lagi jelek, coba saja kalian menggunakan Wi-Fi untuk menstabilkan ping free fire.

Entah itu numpang Wi-Fi tetangga atau pergi ke tempat tongkrongan sambil mabar

Koneksi Wi-Fi umumnya sifatnya stabil, sehingga masalah ping 999+ saat bermain free fire bisa teratasi.

Sekaligus menghemat kuota internet kalian hehehe

selain itu, enaknya menggunakan Wi-Fi di tempat nongkrong yaitu kalian bisa menemukan teman mabar, atau kalian bisa mengajak teman kalian mabar sambil nongkrong. ya tentunya jika sudah mabar, kerja sama bakal solid san kalian bisa Booyah  

Cara agar Wifi Lebih Lancar

Ada beberapa cara agar Wi-Fi menjadi lancar lagi.

  1. pertama, restart Wi-Fi kalian. Yaaa caranya tinggal matikan router Wi-Fi, lalu hidupin lagi. dengan begitu, koneksi wifi bakal lebih bagus daripada sebelumnya
  2. kedua, kalian bisa menggunakan aplikasi Wifi Doctor untuk meningkatkan kecepatan atau kualitas jaringan Wi-Fi. Selain itu aplikasi ini juga bisa sebagai pengaman HP kalian dari kejahatan Hacker melalui Wi-Fi

Download Wifi Doctor (gratis)

dengan ukuran yang hanya 5,6MB saja, kalian bisa meningkatkan kualitas koneksi Wi-Fi serta meningkatkan keamanan HP kalian.

4. Minta Hotspot Teman

membagi hotspot untuk bermain free fire

Ping 999+ di free fire bisa datang di mana saja, dan kapan saja. Lebih menjengkelkan sih, pas mabar tapi koneksi… yaaa seperti itu

Nah disitulah gunanya teman hahaha

kalian punya teman kan?

nahh tidak ada salahnya minta tolong hotspot-in, untuk main free fire saja. lagian kuota yang dibutuhkan juga sedikit kok. jadi gak bikin teman kalian boros kuota.

ditambah lagi, jika kalian meminta hotspot teman yang juga mabar dengan kalian, ini tidak membuat lag kok.

saya aja pernah mabar dengan teman, dan teman tersebut saya hotspotin karena koneksi yang buruk (ping 999+)

Hasilnya?

Masih lancar kok. Sedikit keterangan, saat itu saya menggunakan Indosat dan sinyalnya 4G, dan saya berada di daerah yang banyak pake Indosat.

5 . Gunakan Sim Card Terbaik

simcard free fire

salah satu penyebab free fire lag bisa jadi karena kalian menggunakan sim card yang koneksinya tidak terlalu bagus di daerah kalian.

Apa Sim Card Terbaik untuk Free Fire?

jadi apa sim card yang terbaik untuk main free fire?

Ya itu semua beda jawaban tiap daerah.

Ciri-ciri sim card yang bagus di daerah kalian yaitu

  1. sudah support 4G
  2. koneksinya gak putus-putus
  3. yang pasti bar koneksi yang ada di atas HP, selalu full.

Ada baiknya lakukan eksplorasi sendiri untuk menemukan SIM card terbaik di daerahmu. Tanyakan pada teman atau bahkan lakukan eksperimen dengan mencoba berbagai SIM card dari provider yang berbeda. Rasakan sendiri keunggulannya untuk mendapatkan koneksi terbaik!

6. Pastikan Sinyal 4G agar Ping Stabil

koneksi menjadi 4G secara paksa

Buat yang HP nya sudah 4G, namun koneksi 4G nya tidak muncul, saya sarankan agar kalian mengubah setingan ke 4G only.

sinyal 3G atau H+ kadang tidak kuat untuk main Free fire, sehingga ping kalian mungkin bakal 999+.

Untuk menstabilkan ping free fire, Saya sangat menyarankan agar yang HP nya sudah support 4G untuk mengunci koneksi agar selalu 4G.

Perbedaan kualitas koneksi H+ dengan 4G terasa jauh beda, mulai dari kecepatan koneksi, kestabilan koneksinya pun juga terasa jauh. Yaaa gimana ya, game online jaman sekarang banyak yang menyarankan agar koneksinya 4G

Cara mengunci sinyal 4G

Nah berikut ini adalah cara agar koneksi kalian tetap 4G terus sehingga kemungkinan ping 999+ di free fire akan kecil

  1. Masuk ke Telepon
  2. Ketik *#*#4636#*#*
  3. informasi telephone 1/2 (tergantung kamu menggunakan sim berapa untuk koneksi internet)
  4. lalu setting menjadi 4G only
cara mengunci koneksi agar 4G only

Terkadang beberapa tipe HP tidak bisa menggunakan cara tersebut, Tapii, saya punya alternatifnya jika HP kalian tidak bisa menggunakan cara di atas,

Cara alternatif

Cara ini sangat simple, cuma butuh menginstal suatu apk, lalu untuk mengunci 4G bisa seperti cara yang di atas

  1. Download aplikasi 4G only disini (ukuran cuma 2,6MB dan ringan) –
  2. lalu buka aplikasinya – informasi telephone 1/2
  3. lalu setting menjadi 4G only. 
  4. (Cara alternatif ini hampir sama seperti cara yang pertama tadi)

Aplikasi 4G only merupakan salah satu aplikasi anti Lag di Free fire yang menurut saya sangat membantu. Jika kalian belum baca, silakan baca agar lag bisa berkurang

Baca Juga:

7. Gunakan Ping Tools pro

Apa Itu Ping? -

Di sini aplikasi ini kita posisikan fungsinya untuk menstabilkan ping 999+ Free fire

jadiii

Untuk kalian yang terjebak dalam lag Free Fire karena ping merah di atas 999+, wajib coba trik ini! Dengan cara ini, koneksi yang sebelumnya kadang bagus kadang tidak, bisa menjadi lebih stabil dan konsisten.

Jangan salah paham dulu yaaaa, ping tools pro adalah aplikasi untuk menstabilkan koneksi yaa. bukan untuk meningkatkan kecepatan menjadi berpuluh puluh Mbps

Setting Ping Tools Pro

  1. Caranya, download Ping Tools Pro (gratis) disini
  2. Lalu buka aplikasinya
  3. setting seperti pada gambar di bawah
cara menstabilkan koneksi di game free fire

Jika sudah, silakan rasakan perbedaannya. yang pasti ping kalian bakal stabil dan bakal jarang ketemu yang namanya Lag dadakan saat main game.

8. Restart HP

restart hp

dalam beberapa kasus lag di free fire, cukup simple untuk mengatasinya yaitu dengan cara restart hp.

me-restart HP bertujuan untuk mengulang kembali sistem jaringan operasi dll. sehingga HP kalian akan lebih fresh lagi.

9. Restart Jaringan

Restart HP membuat HP kalian harus dalam kondisi mati. Hal ini cocok digunakan untuk mengatasi ping 999+ saat belum bermain Free Fire.

Tapi masa iya ketika bermain kalian harus matikan HP demi memperbaiki jaringan. Tentunya sangat membuang waktu dan bisa saja membuat kalian tertinggal zona.

Oleh karena itu kalian bisa pakai trik restart jaringan internet kalian. Untuk restart jaringan berbeda-beda caranya tergantung sumber jaringan internet-nya.

a. Restart Jaringan Kartu Data

Kalau kalian menggunakan kartu sebagai sumber internet cara untuk restart jaringan cukup matikan toggle data seluler kemudian hidupkan lagi.

Salah satu trik yang bisa dicoba adalah dengan mengaktifkan mode pesawat sejenak, lalu mematikannya kembali. Saat mode pesawat aktif, semua akses internet terputus. Setelah diaktifkan kembali, ada harapan bahwa kartu provider yang digunakan akan mencari sinyal terbaik yang baru, membantu memperbaiki kualitas koneksi.

b. Restart Jaringan WiFi

Untuk restart jaringan Wi-Fi caranya hanya perlu matikan lalu hidupkan lagi toggle Wi-Fi. Bisa juga dengan restart jaringan lewat rooter Wi-Fi kalian.

10. Aktifkan Wi-Fi dan Data Perangkat

Meski di rumah kalian menggunakan Wi-Fi, ada baiknya saat bermain game juga menyalakan paket data perangkat. Tujuannya jika Wi-Fi bermasalah kalian bisa mengandalkan jaringan internet dari kartu data kalian. Tapi pastikan juga untuk Gunakan Sim Card Terbaik.

Itulah cara mengatasi lag di free fire karena koneksi buruk / ping 999+.

Sebenarnya, Free Fire tidak begitu membutuhkan koneksi cepat, yang dibutuhkan hanyalah koneksi yang stabil. Dengan menggunakan cara-cara di atas, semoga lag yang sering mengganggu bisa teratasi, dan kalian bisa lebih menikmati permainan tanpa gangguan.

bagaimana? apakah sudah teratasi lag-nya?

6 pemikiran pada “10 Cara Mengatasi Lag Koneksi & Ping 999+ Free fire (ping Tinggi) 2024”

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait