Tutorial Record Game HP, Sekaligus Record Discord atau Suara Internal

Game HP tidak hanya digandrungi oleh kalangan remaja saja, tetapi orang dewasa dan anak-anak pun suka bermain game. Game HP banyak dimanfaatkan orang untuk hiburan, tetapi tak jarang juga ada orang tua yang memanfaatkan game untuk mengajari anaknya dalam hal edukasi.

Game HP juga ditujukan untuk mengisi waktu luang seseorang. Game dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu game online dan game offline.

Apa itu game online? Game online merupakan game yang dapat berjalan hanya menggunakan internet atau kuota.

Sedangkan game offline merupakan game yang dapat kita mainkan atau jalankan tanpa menggunakan akses kuota atau internet. Game online memiliki kelebihan yang sangat banyak, yaitu pemain dapat berinteraksi melalui chat suara dengan pemain lain
Biasanya sihh para gamer berinteraksi dengan suara lewat discord.
Pemain bisa mendapat lawan dari berbagai negara, dan masih banyak lagi. Contoh game HP online yang sering dimainkan adalah Free Fire, PUBG, mobile legends, dan yang lainnya.

Kemudian ada juga game offline yang tidak kalah dari game online. Mengapa? Karena game ini dapat dimainkan tanpa menggunakan akses internet dan tidak takut terjadi macet karena jaringan internet yang buruk dan sebagainya.

Tetapi game offline ini tidak dapat berinteraksi dengan lawan secara langsung karena tidak adanya akses internet tersebut. Game offline bisa dimainkan di manapun dan kapan pun sesuka hati pemain ingin bermain.

Oke masuk ke pembahasan 


Dalam permainan atau game HP pastinya pemain ingin mendapatkan hasil yang maksimal untuk mendapatkan peringkat teratas atau hadiah atau juara. Para pemain juga terkadang ingin momen tersebut tersimpan dan terekam baik secara otak maupun penyimpanan media.

Momen saat bermain game tersebut pastinya ada yang direkam atau direcord sesuai keinginan mereka. Terkadang ada yang direkam hanya record permainannya saja tanpa menggunakan suara, ada juga yang merekam atau record permainannya beserta record discord atau suara internal.

Untuk merekam gameplay game atau permainan di HP kalian beserta suara internalnya, ada beberapa tahapan dan kebutuhan alat untuk mendukung proses record atau perekaman.
Peralatan yang dibutuhkan juga mudah, yaitu Smartphone yang akan digunakan dalam proses merekam, Speaker, dan siapkan software atau aplikasi untuk record dan merekamnya.
dan tentunya kalian juga harus punya koneksi yang stabil agar saat kalian upload ke youtube atau sosmed,kalian tidak malu dengan lag hehehe.
Baca Juga: 5 Cara Menstabilkan Ping Game Online Android Agar Tidak Lag

Tutorial Record Game HP Android, Sekaligus Suara Internal

Ada beberapa software HP yang bisa kita gunakan dalam proses merekam layar serta suara internal. Berikut akan ditampilkan tutorial berdasarkan aplikasi atau software yang digunakan.

1. SCR (Screen Recorder)

  • Pertama Download aplikasi SCR Screen recorder disini
  • Kemudian buka menu setting, lalu pada bagian audio, ubah source menjadi internal jika ingin merekam audio internal saja.
  • Pilih Internal dan Mic jika kalian ingin merekam microphone. Disarankan agar menggunakan headphone atau headset agar suara yang dihasilkan tidak terekam mic dan menimbulkan echo.
  • Untuk mulai merekam, pilih icon SCR Screen Recorder berwarna oranye atau jingga.


2. DU Recorder


  • Pertama Download & instal aplikasi Du Sreen Redorder disini
  • Setelah instal selesai, buka aplikasi perekam layar tersebut.
  • Masuk ke menu setting kemudian nyalakan rekam suara
  • Jangan lupa juga untuk saling menghubungkan antara smartphone dengan speaker dan headset atau headphone kita
  • Berikutnya, mulailah merekam layar menggunakan aplikasi tersebut.
  • Setelah selesai merekam, anda bisa mulai mengedit (jika ingin mengeditnya)


Kriteria Memilih Aplikasi Perekam Layar di HP

Untuk memilih aplikasi perekam layar android yang harus digunakan ke dalam smarphone kita maka ada syarat-syarat khusus yang dimiliki aplikasi tersebut. Berikut syarat atau kriterianya :

a. Aplikasi yang dipilih harus bisa dijalankan pada smartphone yang memiliki spesifikasi rendah, misalnya pada smartphone yang RAM nya hanya 1 GB, karena tidak semua orang mempunyai smartphone dengan spesifikasi tinggi.

b. Merekam video tersebut harus tanpa menggunakan watermark (cap air) atau logo aplikasi. Jika ada watermark ada logo aplikasi tersebut maka bisa membuat kualitas atau nilai dari video tersebut menurun.

c. Merekam video haruslah memiliki resolusi minimal 720p atau di atasnya karena jika di bawah itu maka hasil dari video yang didapat akan jelek atau pecah.

d. Harus bisa merekam video tanpa menggunakan akses root, sebagian orang tidak mau jika hp atau smartphonenya di root karena dapat menghilangkan garansi. Root hp juga dapat menyebabkan hp kita menjadi kurang aman atau bahkan mudah cepat rusak.

e. Usahakan aplikasi rekam tersebut bersifat terbuka atau gratis, jadi orang dapat mempunyainya secara cuma-cuma dan mudah dalam mengaksesnya.
Baca Juga: 7 Cara Atasi Lag & Lemot Saat Main Game di HP Low End

Akhir Kata

Video hasil record game HP tadi bisa digunakan atau diupload ke media sosial Youtube. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca dalam hal merekam layar dan rekam suara untuk game yang dimainkan nanti.
 
close