8 Cara Menstabiklan Koneksi & Mengatasi Ping Merah di Mobile Legends

8 Cara Menstabilkan Koneksi & Mengatasi Ping Merah di Mobile Legends- Hmm.. Sepertinya kalian kesini pasti karena koneksi ML yang buruk dan ping yang merah kan? sudah saya duga. Lag di Mobile Legends mungkin karena Faktor HP yang mungkin ram nya kurang, atau Faktor koneksi yang buruh sehingga bikin ping menjadi merah. Nah, Berhubung mungkin dari kalian banyak yang merasakan lag karena koneksi, kali ini gua mau share Cara Menstabilkan Koneksi & Mengatasi Ping Merah di Mobile Legends

Menstabiklan Koneksi & Mengatasi Ping Merah di Mobile Legends
mengatasi ping merah mobile legend sebenarnya mudah, karena game moba seperti Mobile Legends hanya membutuhkan koneksi yang stabil. Jadi jika ada yang bilang "pas buat youtube lancar, buat instagram lancar, eh buat main ML kok lag?" Nah jawabanya, yang dibutuhkan saat main Mobile legends bukan kecepatan internetnya, melainkan kestabilan koneksinya.

Jadi intinya, cara menstabilkan koneksi dan Mengatasi ping merah di Mobile Legend yaitu dengan menjaga agar koneksi tetap terjaga, alias stabil dan tidak putus putus. Kita bisa menggunakan software penstabil ping agar saat Main mobile legends tidak Lag lagi. Selain itu, ping juga akan mengecil. Nah singkatnya sih begitu, Simak penjelasan berikut agar kalian bisa mengatasi ping merah mobile legend

8 Cara Menstabilkan Koneksi & Mengatasi Ping Merah di Mobile Legends
Untuk mengatasi ping merah mobile legend, kalian harus menstabilkan koneksi internet kalian. Nah apabila koneksi kalian sudah stabil, kemungkinan besar lag saat main mobile legends akan hilang. Nah bagaimana cara agar koneksi/jaringan stabil saat bermain mobile legend?

1. Gunakan Aplikasi Penstabil ping 
Jadi cara menstabilkan ping mobile legends yang pertama yaitu menggunakan aplikasi penstabil ping. Jadi cara kerja aplikasi penstabil ping yaitu, aplikasi tersebut akan mengirimkan data serta menerima data secara teratur ke suatu server, agar koneksinya tetap terjaga kestabilanya.

Jadi gua merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi Ping Tools Pro untuk menstabilkan koneksi Mobile legends. Jadi Aplikasi ini gua rasa cukup penting untuk diinstal, apalagi yang menggunakan XL yang sinyalnya H+ . Menurut Pengalaman gua, Apabila saat main Mobile Legends tidak menggunakan aplikasi ini, maka rasanya akan lag. Nah aplikasinya bisa kalian dowanload di link berikut
Cara penggunaanya juga sangat mudah. Kalian tinggal ikuti langkah langkah dibawah ini.
Dengan begitu
Dengan begitu, kemungkinan besar koneksi kalian bakal stabil, ping yang merah bakal jadi hijau, dan saat bermain Mobile Legends tidak lag lagi. Ok, lanjut ke cara Menstabilkan koneksi & mengatasi ping merah mobile legend yang kedua

2. Pilih Kartu Sim yang Cocok Dengan Daerah Kalian
Gunakan Kartu Sim yang sinyalnya paling bagus di daerah kalian, otomatis koneksinya bakal lancar, ping juga bakal jadi hijau. Kalian bisa mencoba semua paketan kartu sim satu persatu sambil untuk dimainin Mobile legends, lalu gunakan Kartu Sim yang dirasa cocok dan nyaman saat digunakan untuk bermain Mobile Legends.

Intinya, setiap daerah berbeda beda kualitas sinyalnya. Misalnya di daerah A sinyal Telkomselnya bagus, tapi belum tentu daerah B bagus sinyal Telkomselnya. Selain itu setiap Kartu Sim juga berbeda kualitas sinyalnya, misal di daerah A sinyal Telkomsel bagus, tapi belum tentu sinyal Xl juga bagus. Jadi jika kalian ingin tahu Kartu Sim apa yang bagus di daerah kalian, maka kalian bisa mengeceknya satu satu, atau bisa tanya ke teman kalian.

Ada beberapa kasus, telkomsel lag di Mobile Legend. Ada 3 kemungkinan, pertama, daerah kalian sinyal telkomselnya kurang bagus. Kedua, Jika sinyal Telkomsel di daerah kalian bagus tapi tetap lag, kemungkinan dari pusat Telkomsel atau Server Mobile legends lagi buruk. Ketiga, mungkin kalian salah memilih jenis jaringan (penjelasan ada di bawah)
3. Ganti Jenis Jaringan
mobile legend yang ping nya tinggi mungkin bisa disebabkan karena salah memilih jenis jaringan di HP kalian. Jadi jenis jaringan yang cocok untuk Bermain Mobile legends ada 2 yaitu H+ dan 4G. Sinyal E atau GSM tidak direkomendasikan, karena meskipun stabil tapi akan tetap terasa lag.

Jadi tidak semua sinyal 4G bisa mengatasi mobile legend yang lag parah karena ping yang tinggi. Ya, memang gua juga pernah merasakan pake jaringan 4G tapi tetep lag. Ada beberapa kasus juga yang pernah gua temukan di grup Mobile legends di Facebook. Ada yang memosting yang isinya, Mobile legends lag padahal sinyal 4G. Nah setelah gua baca baca komen, ternyata banyak yang merekomendasikan untuk mengganti jenis jaringan ke H+

Jaringan 4G yang Lag saat bermain mobile legends merupakan hal yang jarang terjadi. Beda halnya dengan kasus jaringan H+ yang lag, kasus ini sering terjadi. Gua sering merasakan kasus ini, saat sinyalnya H+ akan terasa sedikit lag, saat ganti ke 4G jadi lancar. Tantu kalian sudah tau solusinya, yaitu mengganti jaringan ke 4G

4. Mengkhususkan Jaringan Ke 4G
Ada beberapa kendala yang mungkin kalian alami, yaitu saat main Mobile Legends (saat jaringanya 4G), tiba tiba jaringan menjadi H+, tentu hal tersebut bisa bikin ping naik, mungkin bisa bikin dikit lag. Atau kendala lainya yaitu, di daerah kalian ada jaringan 4G tetapi sedikit, sehingga HP secara otomatis lebih suka menggunkana jaringan H+. Kendala kendala tersebut bisa diatasi dengan cara agar mengkhususkan jaringan ke 4G saja. Sehingga jaringan akan 4G terus, dan tidak akan pernah H+.

Cara agar mengkhususkan jaringan ke 4G saja, sangat mudah. Agar kalian lebih paham, gua kasih deh tutorialnya. Sebelum itu, cara ini membutuhkan aplikasi, kalian bisa download aplikasinya di link berikut (aplikasinya cuma beberapa MB saja kok gan)
Selanjutnya, buka aplikasinya. Lalu pilih Open Secret Settings yang ada di daerah bawah. Selanjutnya scrol kebawah, lalu pilih jaringanya yaitu LTE Only. Setelah itu, jaringan akan selalu 4G.

5. Gunakan Wifi
Cara Menstabilkan koneksi & mengatasi ping merah di Mobile Legends selanjutnya yaitu, menggunakna wifi. Dengan wifi, kemungkinan besar mobile legend yang ping nya tinggi, bakal menjadi hijau. Selian itu, wifi juga memiliki koneksi yang stabil, sehingga tidak akan ada yang namanya lag dadakan.

Namun, apabila yang kalian gunakan adalah wifi publik yang memiliki banyak pengguna, mungkin bisa saja akan terasa lag. Jika kalian menggunakan wifi, usahakan agar tetap didaerah wifi, terlebih lagi dekat dengan sumber wifinya, agar kualitas jaringan tetap terjaga.

6. Aktifkan atau Matikan Speed Mode
mengatasi ping merah di mobile legend
mengatasi ping merah di mobile legend bisa dengan mengaktifkan atau mematikan speed mode. speed mode adalah mode yang bertujuan menghilangkan lag saat bermain mobile legends. Jadi jika mobile legends lag, coba saja aktifkan speed mode yang ada di bagian pengaturan. Siapa tau lag bakal hilang dan ping akan mengecil

Namun, tidak selamanya bahwa solusi lag yaitu mengaktifkan speed mode. Ada beberapa kasus, bahwa mengaktifkan speed mode palah justru membuat mobile legends jadi lag, seperti yang pernah gua rasakan. Jika kalian merasa begitu, coba matikan speed mode nya.
Baca Juga10 Cara Mendapatkan Skin di Mobile Legends GRATIS
7. Bermain di Jam tertentu
Jadi ada saat saat dimana jaringan operator sim menjadi buruk. Mengapa? menurut yang gua alamin, jadi gua sedang di posisi menggunkan indosat, dan di daerah gua banyak yang menggunakan indosat. Banyak sekali orang di daerah gua yang berinternetan di jam 6-10 malam, sehingga pada jam tersebut jaringan indosat di daerah gua jadi gak stabil dan kecepatanya cuma beberapa KBps. Intinya, semakin banyak yang orang yang berinternetan menggunakan sim card (misal A), maka semakin buruk kualitas jaringan sim card A (tidak semua).

Mungkin beberapa dari kalian mengalami hal yang sama seperti gua. Pada jam 6-10 malam gua gak pernah main Mobile legends, karena gua udah tau pada jam tersebut banyak yang lagi internetan, lagian gua juga kapok karena tiap main Mobile legends di jam tersebut bakal lag. Jadi jika kalian bernasib sama seperti gua, kalian harus menghindari saat saat yang dirasa jaringanya jadi buruk.

Nah, Apabila kalian solo player, juga hindari jam jam dimana para bocah bermain ML. Misalnya jam 12 siang sampai jam 9 malam, karena kalian juga tau lah bagaimana rasanya jika satu tim dengan bocah, hehehe..
Baca Juga
8. Restart Jaringan/data Seluler Sebelum Match
Cara Menstabilkan koneksi & mengatasi ping merah di Mobile Legends yang terakhir yaitu merestart jaringan sebelum match. Sebelum match, biasakan agar kalian merestart jaringan dengan cara menonaktifkan jaringan/data seluler, tunggu kira kira 10 detik, lalu aktifkan kembali data seluler. Dengan cara ini, kemungkinan koneksi bakal lebih stabil dan ping juga bakal turun.

Apabila saat di dalam pertandingan dan terasa lag, kalian juga bisa menggunakan cara ini. Gua juga sering menggunakan cara ini, karena cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi lag karena koneksi yang terjadi di HP gua

Hmmm.. itu aja yahh. Gua rasa seribu lebih kata diatas semoga bisa membantu kalian untuk menghilangkan lag karena koneksi dan menurunkan ping. Apabila kalian sudah mempraktekan 8 cara diatas, dan masih lag. Bisa saja karena faktor lain, misal HP, Server dll.

Artikel Terkait Tentang Mobile Legends

7 comments

avatar

Kenapa sinyal 4G tp ping tetep merah, tp pas di home warnanya hijau,?

avatar

masalah sinyal 4G tapi tetep merah biasanya itu karena faktor simcard dan pemakainya . sbg pengalaman, saya main ML pake indosat 4G di kota A terasa lag, sedangkan ketika saya main di kota B rasanya lancar, itu semua tergantung jumlah pemakai simcard di daerah tersebut.

tak hanya itu waktu juga berpengaruh, rata rata jam 6-10 ML akan terasa lag, karena server ML yang jadi agak penuh, dan rata rata orang internetan pada jam segitu, sehingga bsa mengurangi kualitas jaringan kalian

avatar

Bukan jaringannya, menurut info yg gua dapat dari salah satu provider, si Mobile legends itu menggunakan server jaringan statis yang gampang recconecting. Sedangkan provider menggunakan jaringan dinamis. Mobile legegebds itu masih global jaringannya belum ada di indonesia jadi masih pake vpn si mobile legends. Jadi kalo jaringan provider kalian bagus apalagi full 4G, ping ijo tp tetep lag bukan karena jaringannya provider, ada 2 masalahnya, bisa karena hp low spek dan (memang) si mobile legends itu masih statis belum dinamis. Itu aja sih info yang gua dapet.

avatar

faktor dari ML juga menentukan lag atau tidaknya, tapi saya rasa faktor provider juga berpengaruh kok :D

avatar

Klo menurut aku ketika aku main ml jam jam tertentu yg leg nya parah biasa yg lancar PING stabil di jam 11 mlm ke atas Barus sinyal stabil entah kenapa apa aku GK tau

avatar

Saya udh Gonta ganti SIM card buat main mobile legen dari XL Indosat Telkomsel Axis Tri tetap aja leg jadi saya rekomendasikan main ml itu antara jam 11 malam ke atas agar PING stabil atau mungkin karena daerahnya kurang bagus untuk mendapatkan sinyal 4g

avatar

rekomen pakai wifi yang lancar, atau sinyal 4G yang bagus

Click to comment