8 Tips Ampuh Mengatasi Lag dan Patah Patah di Game PC [Low-end, Mid-end]

8 Cara mengatasi Lag dan Patah Patah di Game PC- Lag yang sering muncul dalam game memang sangat menjengkelkan bagi kita semua. Kita tidak bisa menikmati game tersebut dengan lancar. Nah, lag tersebut disebabkan karena beberapa faktor, misalnya karena PC yang terlalu "low end" untuk memainkan game tersebut. Kemudian, ada juga faktor pendorong lag di game lainya, misalnya main game sambil membuka aplikasi lain. Tentu hal tersebut membuat game lag dan terasa patah patah.Meskipun demikian, Lag dan patah patah pada game masih bisa diatasi kok. 

Ada 3 komponen utama di PC yang paling menentukan apakah game berjalan lancar atau lag. Komponen tersebut adalah Prosessor, VGA dan RAM. Ketiga komponen diatas berperan besar agar laptop/PC tidak lag dan patah patah saat main game.

Nah, cara mengatasi game pc patah patah sama setiap versi windowsnya. Intinya cara mempercepat game pc di Windows 7, WIndows 8 dan Windows 10 adalah dengan mengkosongkan atau meringngankan kinerja Prossesor, Ram dan VGA secara maksimal, agar bisa meningkatkan performa pc untuk bermain game HD yang berat. Bagaimana cara mempercepat game berat di laptop
& cara memperlancar game berat di laptop? simak penjelasanya berikut

8 Tips Ampuh Mengatasi Lag dan Patah patah di Game PC
1). Upgrade Hardware
PC masih pentium dan ingin main GTA 5 seting ultra? ya upgrade Hardware PC dong. Semakin low Hardware kita, maka akan semakin lag dan patah patah bila main Game (terutama game HD). Hardware yang direkomendasikan untuk diganti ya prosessor, VGA(kartu grafis) dan RAM.

Sesuaikan Hardware tersebut dengan Budget dan Kebutuhan kalian. Jangan memaksakan untuk membeli Prosessor atau VGA yang tinggi, cuma buat ngegame Minecraft. Jadi sesuaikan Hardware dengan kebutuhan dan Budget kalian masing masing. Kalian juga tidak harus mengupgrade ketiga komponen diatas, kalian bisa pilih mana komponen yang dirasa buruk di PC kalian, lalu kalian upgrade komponen tersebut. Namun apabila kalian mengupgrade ketiganya, kemungkinan besar game sudah tidak lag lagi.
Semakin bagus Spek PC kalian, maka Performa akan semakin bagus dan tidak akan Lag saat bermain Game HD.

2). Mengatur Grafik Game
 Cara yang paling ampuh mengatasi lag di Game yaitu menyeting grafik ke low semua. Pasti kalian tidak tega, Game dengan grafik yang bagus disetting grafiknya menjadi low. Namun gimana lagi kalo kalian ingin game tersebut tidak lag saat main game berat, ya mau tidak mau grafik harus diseting ke low. Nah, Apabila grafik diseting low lalu game menjadi lancar banget, tingkatkan kualitas grafik dari low ke mid secara satu persatu. Mengapa demikian? Biar kita bisa lebih menikmati grafik yang lebih bagus dari sebelumnya.

cara mengatasi game pc patah patah dengan menyeting kualitas grafis sudah terbukti dan sangat ampuh untuk mengatasi game yang lag dan patah patah pc. Karena dengan menyeting grafik, kinerja Prosessor, Ram dan VGA akan lebih lega sehingga dapat mengatasi masalah lag di game pc kalian, serta bisa meningkatkan FPS di PC kalian.

3). Memakai Game Booster
 Game booster adalah aplikasi untuk menghilangkan lag di game. Aplikasi ini akan menutup aplikasi aplikasi lain yang mengganggu saat main game. Jadi, PC kita akan lebih terfokus memberi performa ke Game saja. Sedikit tips bagi kalian, Untuk memaksimalkan performa, Centang semua proses proses yang akan dimatikan sementara. Sehingga PC akan benar benar terfokus untuk memberikan performa kepada Game tersebut.
Ingat! Performa PC berbanding lurus dengan Spek minimum Game. Artinya Jika spek minimum Game misalnya Intel I3 atau AMD A8, maka PC kalian harus Intel I3 atau AMD A8 atau diatasnya lagi. Jika dibawah spek maka agak percuma jika menggunakan Game Booster
4). Matikan fitur Vsync
 Vsync atau lebih tepatnya vertikal sync adalah program dari VGA untuk menambah kualitas grafis. Ingat, Semakin bagus grafis suatu game, Maka akan membutuhkan kinerja Proessor, VGA dan RAM yang tinggi. Maka dari itu buat yang PC nya "low end" atau "mid end" matikan saja fitur ini. Sadarlah, jika PC kalian itu nggak kuat main game yang grafisnya Bagus (sebagian dari kalian loh). Dan satu hal lagi, untuk mematikan fitur ini, ada 2 cara. Yaitu lewat Control panel VGA atau Settingan grafik di dalam game.


5). Ubah mode Batrai menjadi High performance
 Dengan mengubah menjadi High perfomance, Kinerja CPU akan menjadi lebh cepat. Otomatis, Lag di Game pun berkurang/hilang. Namun, kalian harus mempertimbangkan akan hal ini. Jika kalian ingin mengubah mode bantrai menjadi High Performance, Batrai akan menjadi cepat terkuras. Untuk melakukan hal ini, kalian klik kanan icon batrai-Power option-Show adittional plans-Centang High Performance

6). Menutup Aplikasi yang tidak perlu Sudah saya katakan diatas tadi, Bahwa membuka aplikasi sambil bermain game, akan membuat game menjadi lag. Oleh karena itu, Close saja aplikasi yang tidak digunakan. Dengan demikian, kinerja CPU akan terfokus memberikan performa ke Game saja.
7). Hindari PC menjadi panas
 Jika Kepala kita dingin (secara istilah ya santai/tidak stres) pikiran akan menjadi lancar, sama seperti PC. Jika CPU dingin, kinerja akan semakin lancar. Jadi, jika kalian pernah bermain game secara maraton lalu game tersebut jadi lag, Itu disebabkan karena CPU panas. Oleh karena itu, Pasanglah water cooler/liquid cooler di prosessor kalian, karena cooler semacam itu lebih mendinginkan dibanding cooler biasa (bawaan prosessor yang pakai kipas). Jika laptop, belilah kipas khusus laptop yang diletakkan dibawah atau yang disamping. Satu lagi, bagi para pengguna komputer, pakailah VGA yang ada kipasnya.

8). Overclock PC
Mengoverclock artinya yaitu memaksa CPU bekerja lebih keras. Keuntungan dari mengoverclock adalah, kinerja CPU akan meningkat, terutama prosessor. Bahkan kecepatan GHz prosessor bisa meningkat tajam. Misalya dari 1.8GHz menjadi 2.4GHz. Namun, namanya memaksa, pasti tenaga akan cepat lelah. Sama seperti CPU yang dioverclock akan cepat panas dan boros batrai. Jadi pastikan CPU cooler kalian berkualitas agar prosessor tetap dingin. Buat yang laptop, kalian harus pikir pikir terlebih dahulu, karena CPU cooler laptop kan tidak bisa diganti.

Intinya jika kalian ingin main game tersebut tanpa lag, ketahuilah spek PC kalian terlebih dahulu, lalu pilihlah game yang kira kira kuat dimainkan di PC mu. Saya jamin, gak ada kata lag, patah patah, fps drop atau sebagainya. Dan jika semua cara diatas tidak mengefek sama sekali, dapat dipastikan PC anda amat Low-end. Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat   

Click to comment