Segitekno » tips » 9 Tips Ampuh Mengatasi Lag dan Patah Patah di Game PC

9 Tips Ampuh Mengatasi Lag dan Patah Patah di Game PC

Gilas Februari 14, 2023

Mengatasi Lag Main Game di PC – Lag yang sering muncul dalam game memang sangat menjengkelkan bagi kita semua. Kita tidak bisa menikmati game tersebut dengan lancar.

Nah, lag tersebut disebabkan karena beberapa faktor, misalnya karena PC yang terlalu “low end” untuk memainkan game tersebut. Kemudian, ada juga faktor pendorong lag di game lainya, misalnya main game sambil membuka aplikasi lain.

Tentu hal tersebut membuat game lag dan terasa patah patah. Meskipun demikian, Lag dan patah patah pada game masih bisa diatasi kok. Jadi masalah lag ini bukanlah suatu hal yang sifatnya permanen. Dengan perawatan dan sentuhan yang tepat, maka lagi bisa berkurang, bahkan hilang sepenuhnya.

Ada 3 komponen utama di PC yang paling menentukan apakah game berjalan lancar atau bakal menimbulkan lag. Komponen tersebut adalah Processor, VGA dan RAM. Ketiga komponen di atas berperan besar agar laptop/PC tidak lag dan patah patah saat main game.

Nah, cara mengatasi game pc patah patah sama setiap versi Windows-nya. Intinya cara mempercepat game pc di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Nah caranya bisa dengan mengosongkan atau meringankan kinerja Processor, Ram dan VGA secara maksimal.

Dengan begitu kalian bisa meningkatkan performa PC untuk bermain game HD yang berat. Bagaimana cara mempercepat game berat di laptop & cara memperlancar game berat di laptop? Kalian bisa simak penjelasannya lebih lanjutnya berikut ini :

9 Tips Mengatasi Lag dan Patah Patah di Game PC Low-end, Mid-end

Nah berikut ini beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi lag di PC saat sedang main game. Cara-cara di bawah ini juga sering segitekno.com terapkan pada PC mimin saat sedang main game dan terbukti cukup ampuh.

Jadi kalian yang menerapkannya bakal memperoleh hasil yang sama dengan apa yang mimin dapatkan, yaitu lag berkurang, patah-patah saat main game juga bisa hilang. Yuk langsung saja simak tips-tips segitekno.com di bawah ini :

1). Upgrade Hardware

mengatasi lag main game pc

PC masih pentium lawas dan ingin main GTA 5 setting ultra? ya upgrade Hardware PC dong. Semakin low Hardware kita, maka akan semakin lag dan patah patah bila main Game (terutama game HD). Hardware yang direkomendasikan untuk diganti ya processor, VGA (kartu grafis) dan RAM.

Sesuaikan Hardware tersebut dengan Budget dan Kebutuhan kalian. Jangan memaksakan untuk membeli Processor atau VGA yang tinggi, cuma buat nge-game Minecraft. Jadi sesuaikan Hardware dengan kebutuhan dan Budget kalian masing-masing.

Kalian juga tidak harus men upgrade ketiga komponen di atasi kalian bisa pilih mana komponen yang dirasa buruk di PC kalian, lalu kalian upgrade komponen tersebut. Namun apabila kalian men upgrade ketiganya, kemungkinan besar game sudah tidak lag lagi.

Semakin bagus Spek PC kalian, maka Performa akan semakin bagus dan tidak akan Lag saat bermain Game HD.

Kalalu kalian mau punya PC yang lancar jaya untuk keperluan mengatasi lag saat main game di PC, juga untuk keperluan editing dasar, bahkan streaming, kalian bisa mengikuti rekomendasi spesifikasi PC dari segitkeno.com berikut ini :

  • OS : Windows 10
  • Processor : Intel Core i3-10100 / AMD Ryzen 3 3100
  • RAM : 12 GB
  • GPU : GTX 1060 6GB / GTX 1660 Super or Radeon RX 590
  • DirectX : Versi 12
  • Storage : Sesuaikan budget.
  • SSD : Sesuaikan budget yang penting pasang SSD

2). Matikan Fitur Vsync

cara mengatasi game pc lag dan patah patah

Vsync atau lebih tepatnya vertikal sync adalah program dari VGA untuk menambah kualitas grafis. Ingat, Semakin bagus grafis suatu game, Maka akan membutuhkan kinerja Processor, VGA dan RAM yang tinggi. Maka dari itu buat yang PC-nya “low end” atau “mid end” matikan saja fitur ini.

Sadarlah, jika PC kalian itu enggak kuat main game yang grafisnya Bagus (sebagian dari kalian loh). Dan satu hal lagi, untuk mematikan fitur ini, ada 2 cara. Yaitu lewat Control panel VGA atau setingan grafik di dalam game.

3). Memakai Game Booster

game pc patah patah

Game booster adalah aplikasi untuk menghilangkan lag di game. Aplikasi ini akan menutup aplikasi aplikasi lain yang mengganggu saat main game. Jadi, PC kita akan lebih terfokus memberi performa ke Game saja dengan begitu bisa sedikit membantu mengatasi lag saat main game di PC

Sedikit tips bagi kalian, Untuk memaksimalkan performa, Centang semua proses proses yang akan dimatikan sementara. Sehingga PC akan benar benar terfokus untuk memberikan performa kepada Game tersebut.

Ingat! Performa PC berbanding lurus dengan Spek minimum Game. Artinya Jika spek minimum Game misalnya Intel I3 atau AMD A8, maka PC kalian harus Intel I3 atau AMD A8 atau diatasnya lagi. Jika di bawah spek maka agak percuma jika menggunakan Game Booster

4). Mengatur Grafik Game

Cara yang paling ampuh mengatasi lag di Game yaitu menyeting grafik ke low semua. Pasti kalian tidak tega, Game dengan grafik yang bagus di-setting grafiknya menjadi low. Namun gimana lagi kalo kalian ingin game tersebut tidak lag saat main game berat, ya mau tidak mau grafik harus di-setting ke low.

Nah, Apabila grafik di-setting low lalu game menjadi lancar banget, tingkatkan kualitas grafik dari low ke mid secara satu persatu. Mengapa demikian? Biar kita bisa lebih menikmati grafik yang lebih bagus dari sebelumnya.

cara mengatasi game pc patah patah dengan menyeting kualitas grafis sudah terbukti dan sangat ampuh untuk mengatasi game yang lag dan patah patah pc. Karena dengan menyeting grafik, kinerja Processor, Ram dan VGA akan lebih lega sehingga dapat mengatasi masalah lag di game pc kalian, serta bisa meningkatkan FPS di PC kalian.

5). Menguatkan koneksi internet

Kalau game PC yang kalian mainkan adalah game online, maka koneksi internet yang kuat adalah suatu kewajiban yang harus dimiliki oleh PC kalian. Hal ini tentunya untuk menghindari lag karena masalah jaringan dan pastinya dapat mengatasi lag saat main game di PC. Untuk mengubungkan PC dengan internet sendiri ada dua cara :

  • Menggunakan Dongle Penerima Wi-Fi

Cara ini adalah dengan menggunakan perangkat keras berupa penerima signal dalam bentuk USB yang ditancapkan ke PC kalian. Menggunakan Dongel membuat setup PC kalian jadi lebih bagus, tapi kekuatan internet-nya lebih lemah.

  • Menggunakan Kabel LAN

Cara ini adalah dengan menggunakan perangkat keras berupa kebel (panjang menyesuaikan). Kabel ini harus dihubungkan dengan router Wi-Fi rumah kalian dengan port LAN yang ada di PC kalian. Menggunakan kabel LAN membuat cable management kalian jadi lebih ribet untuk di-setup, tapi menghasilkan internet yang lebih kuat dan stabil.

Jadi kesimpulannya, lebih baik kalian pilih menggunakan kabel LAN saja demi performa gaming yang bebas lag karena gangguan internet.

6). Menutup Aplikasi yang tidak perlu

lag main game pc low end

Sudah saya katakan di atas tadi, Bahwa membuka aplikasi sambil bermain game, akan membuat game menjadi lag. Oleh karena itu, Close saja aplikasi yang tidak digunakan. Dengan demikian, kinerja CPU akan terfokus memberikan performa ke Game saja.

7). Hindari PC menjadi panas

meningkatkan fps game

Jika Kepala kita dingin (secara istilah ya santai/ tidak stres) pikiran akan menjadi lancar, sama seperti PC. Jika CPU dingin, kinerja akan semakin lancar. Jadi, jika kalian pernah bermain game secara maraton lalu game tersebut jadi lag, Itu disebabkan karena CPU panas.

Oleh karena itu, Pasanglah water cooler/ liquid cooler di processor kalian, karena cooler semacam itu lebih mendinginkan dibanding cooler biasa (bawaan processor yang pakai kipas).

Jika kalian pakai laptop, belilah kipas khusus laptop untuk mengatasi lag saat main game di PC. Kalian bebas pakai kipa model yang diletakkan di bagian bawah atau yang di samping. Satu lagi, bagi para pengguna komputer, pakailah VGA yang ada kipasnya.

8). Melakukan Overclock PC

prosessor pc terbaik

Meng overclock artinya yaitu memaksa CPU bekerja lebih keras. Keuntungan dari men overclock adalah, kinerja CPU akan meningkat, terutama processor. Bahkan kecepatan GHz processor bisa meningkat tajam. Misalnya dari 1.8GHz menjadi 2.4GHz. Namun, namanya memaksa, pasti tenaga akan cepat lelah.

Sama seperti CPU yang di overclock akan cepat panas dan boros baterai. Jadi pastikan CPU cooler kalian berkualitas agar processor tetap dingin. Buat yang laptop, kalian harus pikir pikir terlebih dahulu, karena CPU cooler laptop kan tidak bisa diganti.

Oh iya selain processor, kalian juga bisa melakukan overclock pada part PC lain. Nah part PC lain yang bisa di overclock adalah GPU, dan RAM. Sebenarnya, melakukan overclock bisa dibilang sebagai langkah cepat pertama untuk menambah performa PC, sebelum pakai cara yang lain.

9). Ubah mode Baterai menjadi High performance

mode performance laptop

Dengan mengubah menjadi High Performance, Kinerja CPU akan menjadi lebih cepat. Otomatis, kalian bisa mengatasi lag saat main game di PC atau setidaknya berkurang. Namun, kalian harus mempertimbangkan akan hal ini.

Jika kalian ingin mengubah mode baterai menjadi High Performance, Baterai akan menjadi cepat terkuras. Untuk melakukan hal ini, kalian klik kanan icon baterai > Power option > Show additional plans > Centang High Performance.

Penutup

Intinya jika kalian ingin main game tersebut tanpa lag, ketahuilah spek PC kalian terlebih dahulu, lalu pilihlah game yang kira-kira kuat dimainkan di PC mu. Saya jamin, gak ada kata lag, patah patah, fps drop atau sebagainya kalau game yang kalian mainkan cocok dengan spesifikasi PC kalian

Jka semua cara di atas tidak mengefek sama sekali, dapat dipastikan PC anda amat sangat Low-end, ada baiknya buat full upgrade PC kalian. Itulah tips dari saya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait