Segitekno » Mobile Legends » 14 Tips Jitu Bermain Mobile Legends Pemula agar Pro 2023

14 Tips Jitu Bermain Mobile Legends Pemula agar Pro 2023

Gilas Januari 26, 2023

Tips Mobile Legends Pemula – Game Moba seperti Mobile Legends atau biasa disebut ML sebenarnya adalah game yang agak sulit, karena kalian bakal melawan player player lain dan bukan bot/komputer.

Namun, ya jika kalian tau tips trick bermain ML yang baik dan benar, kalian bakal jadi pro player dan tidak menjadi beban team.

Mungkin, kalian juga bisa jadi Top global Rak ataupun Top lokal Rank, jika tidak kalian juga bisa jadi Top Global Hero atau Top Lokal Hero. Semua Top Top diatas tentunya sangat sulit untuk mencapainya.  

Rata Rata, player yang masih pemula belum mengerti betul mengenai cara bermain ML yang baik dan benar. Hingga kadang player pemula sering menjadi tukang feeder(tukang mati terus), atau parahnya lagi dia akan jadi tukang afk.

Intinya jika kalian yang masih pemula, newbie atau noob player yang ingin jadi Pro, kalian harus bermain sabar, main aman, gak egois dan saling kerjasama. Singkatnya sih begitu. Untuk lebih jelasnya bisa kalian simak Tips & Trick Bermain Mobile Legends Bagi pemula berikut ini

13 Tips Main Mobile Legends Untuk Pemula

Tips & trick berikut jika dipraktekan secara benar, bukan tidak mungkin kalian bisa menjadi Pro player dan terbebas dari kata Noob Player. Nah berikut ini Tips & trick nya.  

1). Tidak Buta Map 

mini map mobile legend

kebiasaan ini sering dilakukan pemain pemula saat match di Mobile Legends, jadi simak tips berikut dengan baik.

Buta map maksudnya itu, tidak pernah melihat map kecil di pojok kiri atas. Sehingga orang yang buta map tidak akan tau bahwa mungkin ada hero lawan yang didekatnya yang ingin nge-kill.

Parahnya lagi, player yang buta map pasti tidak tau kondisi turret diserang, sehingga sering kecolongan tower.

Ya pastinya ini sangatlah merugikan team, dan Player yang buta map sangat dibenci Pro player ML. Tak hanya itu, player buta map rata rata tidak tau kondisi team, sehingga jarang membantu team saat war kecil.

Intinya, selain kalian harus melihat hero kalian, kalian harus melihat Map secara terus agar kalian tidak kecolongan tower, bisa bantu team dan gak keciduk. Jika kalian orang yang cerdik, kalian bisa melihat respawn monster hutan lawan, yang bisa kalian curi agar menambah gold dan level.

2). Kuasai Minimal 2 Role Hero

hero terbaik mobile legends

Tips & trick mobile legends bagi pemula selanjutnya yaitu kalian harus menguasai 2 hero. 1 hero kesukaan dan 1 hero tank. kuasai 1 hero, mulai dari combo skill, buildnya, skill pasif, karakteristik, Emblem dan spell yang cocok bagi hero tersebut.

Jika kalian di tier epic kebawah, disarankan agar menguasai hero selain Marskman, karena di tier GM kebawah sudah banyak yang kuasai Hero Marskman/MM.

Dan asal kalian tau…

jika ada 2 hero MM saat match itu buruk. Namun jika tidak ada MM juga buruk. Cukup 1 Hero MM saja saat match.   

saya rekomendasikan kalian juga belajar tank, agar saat tidak ada yang mau jadi Tank, kalian langsung siap untuk jadi tank, karena mengingat peran tank sangatlah penting.

Bahkan salah satu penentu kemenangan adalah adanya Hero Tank saat match, jika gaada hero tank, team kalian bakalan kerepotan. Yang terpenting jika kalian pakai Tank, yaitu Selalu didepan & rela mati demi hero lain.

Tank mati 5 kali? sudah biasa. Saran saya, pilih tank yang bisa bikin lawan repot, misal 12 Hero Tank Terbaik Mobile Legends ini Agar kalian bisa menguasai hero favorit kalian, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memilih hero yang bagus. Caranya gaimana? nanti saya share di bawah

3). Main Aman

tips pemula ml

Nah ini nih penyakitnya para pemula maupun noob player (player pemula bukan berarti noob) yang main mobile legends. Mainya gak hati hati alias nekad. Misal ada musuh sekarat, dia kejar meskipun masuk turret, dan hasilnya mereka bakal mati karena turret.

Atau ada musuh yang nggerombol, tiba tiba dia nyelonong maju sendiri. ya kalo kalian seperti itu ya bakal mati lah.   

Jadi jika kalian yang masih suka mati karena turret atau mati kena keroyok, waktunya kalian berhenti jadi feeder.

Main dengan hati hati, lagipula jika ada teman yang bisa bantu, ngapain nyelonong maju sendirian?

jika kita bisa ngeroyok lawan, ngapain kita gak ngeroyok?   

Intinya, main aman itu sangatlah penting, jika kalian main nekad, bukan tidak mungkin kalian bakal jadi feeder+Item gak jadi+level hero paling rendah+kena report+kda turun, yang bisa bikin beban team doang. Nah ada bebarapa tips Main mobile legends bagi pemula biar kalian main aman.

  1. Selalu bersama teman se-team agar saat ada musuh yang nyerang, kita bisa dibantu
  2. Jangan lewat/dekati semak semak jika belum tentu aman (bisa jadi kalian keciduk)
  3. Selalu lihat map, agar tahu posisi lawan ada dimana
  4. gak nyelonong sendiri saat ada lawan banyak
  5. selalu hindari skill lawan (wajib)
  6. pastikan HP/Nyawa hero selalu penuh agar tidak gampang mati
  7. Curi turret lawan, tapi harus hati hati 

4). Pintar Pintar Farming

farming di ml

Ada 2 tipe Noob player bermain ML.

Pertama, gak pernah Farming sama sekali,

kedua, kerjaanya cuma farming tanpa peduli tower

Farming sih boleh, wajib malahan.., tapi harus fokus turret, karena turret lebih penting daripada monster hutan.

Buat kalian yang masih pemula, sebaiknya kalian mulai dari sekarang harus pintar pintar farming. Kalian harus tau kapan ke hutan dan kapan harus jaga turret. Sedikit tips, jika kalian mau ke hutan, bunuhlah minion yang menuju ke turret kita, agar lebih aman. Selanjutnya kalian farming di hutan secepat mungkin, lalu balik jaga turret lagi.

Ulangi hal tersebut terus menerus, maka kalian gak bakalan kalah level dan gold, bahkan bisa dapat level dan gold tertinggi. Nah untuk lebih jelas dan rincinya, bisa kalian simak 15 Trik & Cara Farming di Mobile Legend agar Level Hero Cepat Naik

5). Koneksi Harus Lancar (Tidak Lag)

mengatasi lag di mobile legend

Hal yang paling utama menurut saya sih koneksi yang lancar…

Karena, kalian juga tau sendiri lah, koneksi yang jelek bisa bikin lag. Jika sudah lag, pasti kalian bakal banyak mati. Saat open war atau 1vs1 tiba tiba koneksi lag, jadinya ngeluarin skill jadi telat dan bakal auto mati.

Saran saya sih, benerin dulu koneksinya, pastikan koneksinya hijau, ya minimal kuning juga bisa. Kalian bisa gunakan speed mode agar tidak lag(Namun ada juga yg pake speed mode palah bikin lag).

Ingat! game ML tidak butuh koneksi yang cepat, namun butuh koneksi yang stabil & tidak putus putus.

Baca juga: AMPUH! 20 Cara Mengatasi HP Lag & Patah Patah Saat Bermain Mobile Legend

Saat koneksi kalian tidak menentu (kadang lag kadang lancar), saya saranin untuk jangan main di Ranked.

Mengapa? ada beberapa alasan kalian tidak boleh main ranked saat koneksi tidak menentu.

a. merugikan diri sendiri sekaligus orang lain

Saat main ranked, koneksi yang buruk bisa bikin kamu jadi beban team dan feeder. jadinya kalian mungkin bakal kena Report+Kda dan winrate kalian dan orang lain bakal turun. Reset Win rate? Inilah 4 Cara memperbaiki Win Rate Mobile Legend

b. bintang bakal turun

saya sudah memastikan bahwa jika koneksi kalian buruk, maka kemungkinan menang cuma 15% (untuk tier GM keatas), jika sudah kalah tentunya kalian dan orang lain bakal rugi bintang+kalian bisa kena report.

Jadi intinya Jangan Ranked jika koneksi buruk. jika koneksi buruk, lalu kalian maksain Ranked sama saja kalian buang buang bintang. kalian harus tau Tips & Cara Solo Rank Agar Menang Terus di Mobile Legends

6). Perhatikan selalu tanda peringatan

tips mobile legends pemula

Selain tidak buta map, hal yang harus kalian lakukan yaitu perhatikan selalu tanda peringatan. Tanda peringatan ada 3, yaitu retreat (mundur), attack (serang), dan gather (berkumpul).

Letaknya ada di pojok kanan agak atas. Tanda tersebut merupakan perintah dari teman, untuk melakukan suatu hal sesuai tombol.

Nah ini juga penting sekali, agar kalian semakin kompak dengan team kalian. Misalnya pas war dan team kita banyak yang mati klalu kita disuruh untuk retreat, ya kita langsung mundur. Apabila ada musuh yang nyelonong sendiri, lalu teman kita ngasih perintah attack, ya kita ikut nyerang juga. apabila ada yang minta bantuan lalu dia mencet gather, ya kita bantu.

Itulah sedikit gambaran mengenai tanda peringatan. Intinya kalian harus peka apabila ada tanda tanda tersebut, dan jika kita diperintah ya ikuti saja.

7). Jangan Saling hina

cara menang terus di Mobile legends

tips penting, Kebanyakan player pemula indo yang tier Mobile legends masih bawahan, sering sekali saling hina gara gara ada teman yang agak Noob atau ada yang nyampah buff. Jika kalian seperti itu, maka hentikan kabiasaan kalian untuk hina orang lain. ada beberapa alasan kalian tidak boleh saling hina, meskipun dalam keadaan apapun.

  1. Bisa bikin teman yang kita hina jadi Afk (keluar dari match). Bila kalian ngehina orang, eh orang tersebut baper. Pasti dia langsung afk atau cuma diem di base. Jadinya match bakalan 4vs5, jika seperti itu kemungkinan besar team kalian bakal kalah
  2. Bisa bikin kerjasama antar player jadi hancur. Sehingga misalnya saat kalian diserang, orang yang kalian hina bakal gak mau ngebantu kalian. Atau misalnya saat war, orang yang kalian hina bakal main sesuka hatinya dan gak peduliin team.
  3. Kalian bakal kena Report. Jika kalian hina menggunakan kata kata kasar, mungkin kalian akan direport oleh player lain. Jika kalian terus terusan direport, bukan tidak mungkin kalian bakal kena banned dari ML.

8. Pilih Hero sesuai Gaya Bermain Kalian

hero mobile legends pemula

Contohnya gini, jika kalian mainya tipe orang yang nekad (berani 1vs2 atau 1vs3), kalian tidak cocok sebagai MM/Mage(kecuali beberapa hero mage), karena gampang mati. Klo saya sih tipe yang agak nekad, jadi saya pilih Hero yang gampang kabur (misal Hayabusa, Harley, Lancelot).

Berikut Rangkuman hero Hero Terbaik Berdasar ROLE

sidah nemu hero yang cocok? saatnya latihan

Jadi jika kalian ingin belajar Hero, jangan langsung main di Ranked. Ada beberapa tahapan yang saya rekomendasikan.

  • pertama, untuk tau karakteristik, combo, pasif dan percobaan hero kalian main dahulu di mode Custom.
  • Kedua, setelah agak tau kalian main di Mode vs A.I sekalian kalian juga bisa otak-atik build yang pas.
  • Ketiga, main di classic dahulu agar kalian bisa menyesuaikan skill kalian menggunakan hero.

Setelah kalian tahu karakteristik, kekurangan, kelebihan, pasifnya dll barulah kalian bisa main di Ranked pakai hero tersebut. Sebagai saran, gunakan hero tersebut minimal 20 match di Classic dahulu, baru kalian bisa main di ranked.

9). Kalian AFK = Dapat “Dosa”

tips mobile legends pemula

Emang apa hubunganya Afk dengan dosa? gini gini.. logikanya jika kalian Afk, maka kalian akan menyusahkan dan merugikan orang lain. jika kalian menyusahkan dan merugikan orang lain, maka akan mendapat dosa.

Emang menyusahkan dan merugikan orang lain dapat dosa? iya lah bro, masa menyusahkan dan merugikan orang lain bisa dapet pahala.

Lagipula, menyusahkan dan merugikan itu kebalikanya dari membantu. Tak hanya dapat dosa, kalian juga bakal mendapatkan keburukan keburukan berikut

  1. Kalah match. Jika ada player yang afk 80% match akan berakhir Menang, Menang…ngis maksudnya. Karena match bakal jadi 4vs5 yang tentunya gak seimbang kekuatanya.
  2. Bintang berkurang. saya sering heran kenapa ada aja player yang afk saat Ranked di Mobile legends, klo kalian main ranked lalu Afk, sama saja kalian membuang buang bintang + dapet dosa, Miris sekali. Ingat! Player yang Noob memanglah sampah, tapi orang yang AFK lebih buruk dari sampah. Jadi sesulit apapun lawanya, seburuk apapun keadaanya kalian tidak boleh AFK, masih ada kemungkinan untuk Epic comeback dan memenangkan match
  3. .Winrate, Kda dll bakal hancur. Jika kalian AFK pasti kalian bakal nyelonong kesana kemari ngikutin hero teman tanpa dikendalikan. Sehingga jika ada hero lawan, hero kalian tidak bisa berbuat apa apa dan pastinya mati. Tentunya kalian bakah jadi feeder yang memiliki kda minus.
  4. Kena Report. Jika kalian afk, tentunya team dan lawan kalian tidak tinggal diam. Mereka pasti bakal report kalian bareng bareng. Jadinya skor kredit bisa hilang hingga 10 lebih. Selain itu, jika terus terusan kena report, kemungkinan kalian bakal kena banned.

10). Selalu Main Bareng (Mabar)

tips mobile legends pemula

Tips Main mobile legends bagi pemula yang terakhir yaitu mabar. Mabar merupakan salah satu cara agar kalian bisa menang terus saat match .Dengan mabar, kalian bisa terhindar dari bocah dan noob player.

Namun, jangan asal mabar yah, pastikan orang yang kalian ajak mabar tersebut adalah player yang pro/agak pro agar tidak jadi beban team. Bagi para player yang pemula, saat rank kalian tidak bisa mabar dengan 4 orang.

kalian hanya bisa mabar ber-2,3 atau 5 orang saja. Kecuali kalau di classic kalian bisa bermain ber-4  

11. Rajin menonton Pro Player

Di Game mobile legends sudah disediakan sebuah fitur menarik yangdapat digunakan untuk mengembangkan skill bermain kalian. Fitur streaming inilah yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui cara pro player bermain dan bisa kalian pelajari

selain melalui fitur streaming, kalian bisa nih melihat video video di youtube yang membahas seputar tips bermain mobile legends. Sebagai contoh ada bang Lemon, ada Bang Xinnn dll. kalian bisa belajar bagaimana mengatur line, bagaimana farming dll

seiring kalian rajin belajar dari streamer atau youtuber, pengetahuan kalian saat main mobile legends akan meningkat yang bakal kalian cepet jadi pro player

12. Build, Emblem dan Spell

spekk emblem build mobile legends terbaik

Jadi gini, kekuatan hero 50% tergantung pada Build, 15% Emblem, dan 35% spell. Itu menurut saya. tapi ya faktanya kurang lebih seperti itu

Mungkin kalian jago dalam mekanik semua hero di mobile legends, tetapi kalau build, emblem dan spell nya salah ya performa kalian tidak akan maksimal. Misalkan kalian lagi war, damage dan pasif yang diberikan ke musuh tidak akan se sakit build yang benar

Pemilihan Build

Intinya… jika build salah, maka kekuatan hero yang kalian pake bakal lembek.

Contohnya kalian pake hero MM, pake build full Tank/Magic, ya gak cocok lah bro+kalian bakal jadi bahan bully. Jadi jika kalian ingin build Hero yang bagus, kalian bisa kok copy build Top Global Hero tersebut.

Pemilihan emblem

Nah, untuk emblem, kalian harus sesuaiin dengan hero. Misal saya pake hero MM/Assasin, saya nanti pakainya yang emblem physical assasin. Jika kalian pake tank, gunakan emblem tank dsb. Semakin tinggi level emblem, maka akan semakin bagus kekuatanya.

Pemilihan Spell

Nah untuk spell, itu tergantung kalian (tapi harus nyambung dengan heronya). Misal kalian pake hero MM, kalian bisa gunakan spell retribution, inspire atau flicker. Jangan sampai kaga nyambung, misal MM pake petrify atau execute.

13). Fokus hancurin Turret, bukan fokus kill Musuh

menang terus mobile legend

Nah ini tips yang perlu ditekankan saat main mobile legends terutama pemula . Saat match, usahakan kalian selalu push tower/hancurin tower. Jangan cuma kill dan kill doang, yang ada nanti game bakal lama dan mungkin akan kena comeback dari lawan. ini sering terjadi di pemain pemula..

Gunakan strategi berikut, pertama kill lawan yang lagi jaga turret (jangan lupa untuk minta bantuan teman), setelah lawan mati, jangan jungle dulu! hancurin turretnya lebih dahulu. Atau bagusan lagi bila kalian curi turret lawan, dengan cara meminta bantuan teman untuk mengalihkan perhatian, lalu kalian diam diam push tower.   

14. Selalu Ikuti META yang Sedang Berlangsung

Hero META Mobile Legends

META adalah akronim dari Most Effective Tactics Available, yang artinya adalah strategi paling efektif yang tersedia untuk digunakan. Dalam game MOBA META berkaitan dengan hero, item, dan komposisi tim.

Hero yang sedang META umumnya memiliki kemampuan yang over power dibandingkan dengan hero lainnya. Item yang META umumnya memiliki fungsi yang sangat berguna dan selalu bisa dipakai dalam kondisi apa pun. Komposisi tim yang META terdiri dari jenis hero apa saja yang digunakan dalam suatu permainan.

Jika kalian selalu menggunakan META dalam setiap permainan, besar kemungkinan untuk selalu menang dalam permainan Mobile Legends.

Akhir Kata

Nah itulah tips & Trick Bermain Mobile Legends bagi pemula. Semua tips & trick diatas tentunya bisa bikin kalian semakin pro. jangan lupa untuk share artikel ini, karena dengan meng-share artikel ini, kalian akan menebar manfaat bagi teman kalian.

Satu pemikiran pada “14 Tips Jitu Bermain Mobile Legends Pemula agar Pro 2023”

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait