8 Cara Mengatasi HP Lag/Patah Patah Saat Bermain Mobile Legends

8 Cara Mengatasi dan Menghilangkan Lag di Mobile legends- Lag, merupakan suatu yang sangat menjengkelkan dan dapat mengganggu kenyamanan bermain Game, misalnya saja Mobile Legends. Game yang sedang banyak diminati para pecinta game moba ini memang sedang booming boomingnya. Hampir semua gamer moba android memiliki game ini. Namun ada saja kendala seperti lag, patah patah, ping naik & low FPS saat bermain Mobile Legends. Entah itu disebabkan oleh faktor HP maupun Sinyal

Kelancaran dan kenyamanan sangat berpengaruh besar terhadap bagus tidaknya kalian bermain. Contohnya pas open war, eh tiba tiba lag parah. Yaa jadinya kalan akan auto mati dan gak ngebantu apa apa saat war.  Jangan sampai team kalian kalah hanya karena lag. Jika kalian terus terusan bermain ML dan selalu lag, bukan tidak mungkin kalian akan gampang kalah, sehingga tier kalian akan turun, Win Rate juga akan turun. Memang lag sangat merugikan player ML.

8 Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Mobile Legends
Nah, agar kalian tidak terus terusan merasakan lag yang bikin kalian menderita, kali ini gua akan share 8 cara mengatasi lag saat bermain ML. Cara yang akan saya share tentunya berdasarkan pengalaman gua dan player player lain. Nah apa saja caranya ini dia
Lag saat bermain ML bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya spek HP yang terlalu rendah, Memori/Ram penuh, Jaringan jelek dan Faktor faktor lainya
1. Pastikan Spek HP Aman
Perlu gua jelasin, percuma kalian melakukan cara cara yang ada dibawah ini jika Spek HP kalian tidak mencukupi. Dengan demikian, Spek Hp sangatlah penting, dan menentukan lag atau tidaknya saat bermain ML. Sebenarnya spek yang dibutuhkan tidak tinggi dan tidak rendah. Untuk bisa bermain ML spek HP minimalnya yaitu Android 4.0+, Ram min 1GB dan 4-Core CPU. Apabila spek dibawah tersebut, yaa jangan tanya lagi penyebabnya apa.
2. Gunakan Jaringan Yang Stabil atau Gunakan Wifi
Game moba seperti ML sebenarnya tidak membutuhkan koneksi yang amat cepat, tetapi yang dibutuhkan yaitu jaringan yang stabil, dan ping yang rendah. Saran gua, gunakan wifi jika ingin koneksi yang stabil dan ping yang rendah. Jika tidak ada wifi, gunakan provider yang koneksinya stabil di daerah kalian. Tidak perlu takut boros kuota, karena game ML merupakan game yang hemat kuota.

Ada beberapa tips jika kalian bermain ML menggunakan jaringan provider. Pertama, Jika di jaringan 4G terasa lag, ubahlah ke jaringan H+ saja. Kedua, Jangan bermain ML di jam tertentu(beberapa provider), contohnya jam 6-9 malam yang di daerah gua kalo menggunakan Provider Indosat terasa lag. Ketiga, bermain di jam 12 malam keatas, agar sinyal lebih stabil dan kemungkinan besar tidak 1 team dengan player bocah
Baca Juga
10 Cara Mendapatkan Skin di Mobile Legends GRATIS
tambahan, kalian juga bisa menggunakan aplikasi ping untuk menstabilkan koneksi. Menurut gua, ini sangat dianjurkan terutama untuk yang pake XL. berdasarkan pengalaman, sinyal yang sudah menggunakan ping akan lebih stabil dan tidak menimbulkan lag. nama apk nya yaitu Ping Tools Pro. sebenarnya aplikasi ini berbayar, tapi kali ini gua kasih deh yang Versi Pro tapi gratis. silahkan download dahulu disini
Cara penggunaanya sangat mudah, kalian tinggal ikuti langkah langkah dibawah ini

3. Setting Grafis menjadi Low
Semakin Bagus kualitas grafis, maka akan semakin berat. dan semakin rendah kualitas grafis, maka akan semakin ringan. Nah apabila di HP kalian terasa lag, cobalah untuk mensetting grafis menjadi low, dengan begitu ML akan terasa ringan dan lag akan hilang. Untuk mensetting grafis ke low, kalian tinggal buka pengaturan, dan centang pada tulisan low.

4. Bersihkan Aplikasi yang Sedang Berjalan
Aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang membuat Ram dan CPU HP kalian terasa lebih sesak. Akibatnya, saat kalian bermain Mobile legends akan terasa berat karena sebagian Ram dan CPU HP kalian digunakan oleh aplikais lain. Cara membersihkan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang yaitu masuk ke recent app, lalu hapus jendela aplikasi-aplikasinya

5. Aktifkan Speed Mode/ Matikan Speed Mode
Speed mode merupakan fitur khusus yang dibuat untuk menghilangkan lag karena jaringan. Namun speed mode tidak sepenuhnya benar begitu. Dalam beberapa kasus, saat speed mode aktif, akan terasa lag. Sedangkan saat speed mode nonaktif palah lancar. Gua dan player ML lain pernah merasakan hal tersebut, mungkin kalian juga merasakan begitu.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Skin Legend di Mobile Legends GRATIS
6. Jangan Bermain ML Saat HP Panas
Saat HP terasa panas, sebaiknya kalian tidak memainkan ML dahulu. Karena panas HP juga bisa mempengaruhi lag atau tidaknya saat game berjalan. Jika HP terasa panas, diamkan dulu sebentar agar panasnya menghilang.

7. Setelah Ada Update, Jangan Bermain ML Dulu
Nah ini mungkin dirasakan banyak player ML. Sesaat sebelum dan sesudah adanya update, game ML akan mengalami lag. Contohnya gua, meskipun Spek HP sangat memenuhi syarat, namun setelah ada update kadang terasa lag sesaat. Nah saran gua sih, sesaat sebelum ada update dan sesudah ada update jangan buat main ML dulu. Sebaiknya kalian buka ML untuk update, namun tidak untuk match.
Baca Juga
8. Jangan Sambil HP di Charge
Nah, jangan salah, mengisi daya sambil bermain ML juga dapat menyebabkan lah atau patah patah. Itu karena saat bermain ML sambil di charge, HP akan cepat panas. Selain itu, bermain ML sambil charge HP dapat membuat batrai cepat rusak. Sebiknya pastikan kalian punya isi bantrai yang cukup saat bermain ML. Namun pas kalian Rank tiba tiba HP sekarat, kalian diwajibkan bermain Rank tersebut sambil di charge dan JANGAN AFK sampai Match berakhir. Jangan sampai kalian AFK hingga menyusahkan orang lain.

Nah itulah cara mengatasi HP yang Lag atau patah-patah saat bermain Mobile legends. Jika kalian mempraktekan 8 cara diatas, kemungkinan besar lag di HP kalian akan hilang. ok, itu saja guys, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Tentang Mobile Legends

Click to comment