12 Tips Mengatasi AOV Force close atau keluar sendiri

Selain game moba mobile legend, baru-baru ini ada game AOV Garena lagi lohh yang selalu menghiasi banyak timeline Facebook yang membuat kita tertarik dan penasaran untuk ingin mencoba bermain game tersebut.

Seperti game moba mobile legend, game ini sangat asyik dimainkan bersama dengan teman satu crew Anda. Namun walaupun begitu game AOV Garena juga sering mengalami masalah ketika sedang bermain AOV Garena sering keluar sendiri. dan berikut penjelasannya,

Sayangnya game AOV Garena sering berhenti (jika hp nya keluar kalimat bahasa inggris “unfortunately AOV Garena has stopped”, masalah error ini sering dialami para pemain AOV ketika sedang bermain asyik asyik nya.

Hal tentu akan sangat menjengkelkan karena ketika sedang bermain asyik dengan teman-teman tiba-tiba keluar sendiri game-nya. Pasti akan sangat menjengkelkan.

Masalah yang mirip mirip dengan pesan tersebut adalah “Aov Garena tidak dapat menanggapi. Apakah Anda ingin menutupnya?‘ atau lebih singkatnya akan keluar kalimat “ force closed”.

Beberapa pesan error tersebut sama dimana pemain AOV tiba-tiba akan terhenti dan tidak bisa masuk kembali ke dalam game AOV.

 Kenapa game AOV yang sering keluar sendiri seperti ini?

Ada beberapa hal yang menyebabkan game ini menjadi error atau terhenti (dapat keluar sendiri). Hal tersebut diantaranya:

  • Game AOV yang corrupt ketika di install/update karena di tengah-tengah karena internet yang terputus
  • Ketika membuka game ini internet terputus yang mengakibatkan game tidak bisa dibuka
  • Game AOV Garena yang tidak resmi (memakai mod)
  • Versi android yang sudah lama
  • Memory data di HP sudah penuh
  • Banyak aplikasi yang diapakai secara bersamaan karena hal tersebut membutuhkan RAM.

Lalu apakah ada tips bermain AOV Garena agar tidak keluar sendiri?

12 Tips Mengatasi AOV Force close atau keluar sendiri

Berikut ini beberapa tips cara bermain game Moba AOV Garena agar tidak sering keluar sendiri saat bermain:

1. Cari jangkauan internet yang tidak terputus

Cobalah Anda untuk mencari tempat dengan jangkauan signal yang bagus dan tidak terputus. Hal ini yang dilakukan agar mencegah game lag saat dimainkan yang kemudian game tersebut akan menutup sendiri karena jaringan yang tidak stabil untuk digunakan bermain.

Jika masih tidak bisa atau gagal, cobalah gunakan wifi publik sekitar atau numpang wifi yang ada disekitar, biasanya para pemain memakai wifi jaringan yang stabil ketika bermain moba yang satu ini.

2. Tutup paksa AOV kemudian Restart Hp

Jika masih saja bermasalah cobalah untuk menutup paksa game ini dengan cara force close atau melepas dari pemakaian di hp Anda. Untuk menutup paksa game ini, berikut ini caranya untuk versi android:

  • Masuk ke bagian Settings, kemudian pilih Application Manager
  • Setelah itu cari dan masuk AOV Garena
  • Lalu klik tombol Force Stop
  • Sesudah melakukan hal tersebut, agar lebih maksimal restart saja HP Anda

3. Clear data game AOV 

Cara yang satu ini akan sedikit beresiko karena nantinya kita login kembali ke AOV, dan data-data seperti cachge game ini akan otomatis terhapus. Apakah hal ini akan menghapus data game seperti item,hero dsb.? Jawabannya tidak, tidak akan, selama kalian masih ingat akun kalian, dan kalian login menggunakan akun tsb

Untuk melakukan clear data AOV berikut ini adalah caranya

  • Pergi ke settings (ikon gerigi)
  • Setelah itu pilih Appliaction Manager
  • Lalu cari aplikasi AOV Garena dan terakhir clear data

4. Update gamenya

Cobalah cek di playstore apakah game yang ada di hp kamu itu  sudah menggunakan versi terbaru atau tidak, jika belum segeralah untuk mengupdate game ini.

Biasanya akan ada banyak sekali bug atau error ketika versi terbaru dari resminya telah rilis, versi yang terbaru ini akan memperbaiki bug/error yang menyebabkan AOV di HP mu Garena keluar sendiri

Akan tetapi terkadang update nya akan terlaksana otomatis jika kalian menggunakan wifi

5. Install ulang game

Jika cara-cara di atas masih tidak bisa, cobalah untuk menginstall ulang game. Mungkin saja game AOV yang ada di hp kamu mengalami corrupt data ketika update atau ketika menginstall dari Playstore/App store. Coba saja install ulang.

6. Hapus aplikasi yang kira-kira memberatkan HP

Jika Anda memiliki banyak aplikasi yang tidak terlalu berguna dan atau malah memberatkan HP, hapus aplikasi tersebut di HP Anda. Game AOV yang keluar sendiri sering ditemui saat memiliki aplikasi yang banyak yang dapat memberatkan HP. Jika Anda tidak terlalu menggunakan beberapa aplikasi / tidak sering menggunakan itu, sebaiknya dihapus saja aplikasi itu.

jika tidak bisa dihapus, kalian bisa menonaktifkan aplikasi tersebut melalui pengaturan. dan bisa kalian tidak mau menghapus aplikasi yang sekiranya memberatkan, kalian bisa ‘paksa berhenti’ aplikasi yang sedang berjalan tersebut melalui pengaturan juga

7. Matikan HP kemudian Lepas Batery

Cobalah untuk mematikan HP dan lepas Battery Anda, karena bisa saja game AOV yang keluar sendiri karena HP yang terlalu kepanasan. Dan juga hati-hati jika HP sudah kepanasan karena bisa merusak komponen dalam HP itu sendiri, jadi lebih baik diistirahatkan sebentar dan lepas battery, tunggu kira-kira hingga sampai 25 menit.

namun buat kalian yang HP nya batrai tanam, tinggal didiamkan dan tunggu setengah jam. sebaiknya jangan ditaruh di dalam kulkas, karena HP akan kaget dengan perubahan

8. Update Android OS Hp

Cobalah sesekali cek OS android Hp yang sedang kamu pakai. Mungkin saja OS yang ada di HP kamu versi nya yang belum diupdate. Untuk update OS berikut ini adalah caranya:

  • Masuk ke bidang settings
  • Setelah itu pilih menu About Phone
  • Dan terakhir pilih System Updates

9. Factory Reset HP atau reset pabrik

Langkah yang bisa dilakukan dan sangat bersiko tapi sangat ampuh adalah Factory reset (biasa orang-orang menyebutnya dengan reset pabrik).

Cara ini akan sangat bersiko karena akan menghapus data-data seluruh hp yang ada internal memory hp, seperti semua aplikasi yang disimpan di internal memory, catatan-catatan, pesan atau SMS, nomor kontak HP yang disimpan di internal Anda, Log telpon Anda, akun email untuk android, dan lain lain.

Untuk melakukan hal ini Anda harus memiliki niat dan tekad yang sangat kuat, karena sangat beresiko dan jangan sampai menyesal jika melakukan ini.

10. Memori (RAM) menipis / penuh

Bisa jadi memori (RAM) yang ada pada ponselmu itu hampir menipis, atau mungkin malah benar-benar PENUH dan akan susah jika ingin menggunakan beberapa aplikasi lagi.

Kondisi RAM yang sudah mepet seperti ini, tentu saja memaksa si OS android untuk menutup paksa beberapa aplikasi yang sedang di jalankan. (manakah yang paling rakus memori, mau tidak mau harus di tutup)

Kondisi ini akan berpengaruh terhadap game yang sedang Anda mainkan. untuk itu, sebelum kalian main AOV, pastikan recent app sudah kalian bersihkan, atau aplikasi yang berjalan di latar belakang sudah kalian hapus

11. Perangkat Hp tidak compatible

Hanya sebagai informasi tambahan saja, bahwa ada beberapa jenis ponsel yang tidak atau susah compatible/optimize dengan game-game tertentu. Ada beberapa game yang hanya akan cocok di jenis/tipe GPU tertentu, hingga akhirnya game yang di buka hanya menampilkan layar hitam blank saja. (GPU tidak cocok)

Hal ini kemungkinan bisa terjadi akibat proses peracikan OS android (software) untuk si ponsel kurang pas/sesuai dengan hardware yang sedang di pakai. (anggap saja versi beta, masih saja terdapat bug)

12. Spesifikasi ponsel kurang memadai

Nah ini lagi, mungkin saja spesifikasi dari ponselmu memang kurang kuat untuk menjalankan game ini. Spek Hp akan sangat berpengaruh juga terhadap game yang akan atau akan Anda mainkan. Jika spek Hp kurang memadahi pasti akan ada sebuah kendala yang akan timbul pada saat memainkan game tersebut. Mungkin lag atau mungkin tampilan yang akan mungkin berbeda.

cara mengatasi no 11 dan 12 yaitu beli HP baru yang sekiranya spek nya mantep buat main AOV, heheheh

Akhir kata

yaa itulah 12 cara mengatasi AOV force close atau keluar sendiri. Ada baiknya jika kalian sadar diri jika spek hp, koneksi atau keadaan HP yang kurang memadai atau sedang rusak. jangan memaksakan HP kalian jika memang sudah tidak bisa.
oke guys itu saja, jangan lupa untuk share dan komentar di bawah yaaa

You May Also Like

About the Author: Yosiko Aditya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *