Segitekno » Mobile Legends » Cara Farming Cepat di Mobile Legend

Cara Farming Cepat di Mobile Legend

Gilas Januari 25, 2023

15 cara farming di Mobile Legend – Ada yang menyebutnya fast farming, fast leveling atau nuyul, yang pasti artinya sama yaitu cara cepat naik level hero di mobile legend.  

Sebelum masuk ke pembahasan trik farming cepat Mobile legends atau ML, kalian tau farming artinya apa?

Nah bagi yang belum tahu, arti farming dalam mobile legend adalah aktifitas untuk menaikan level hero ml dengan cara menghabisi monster hutan.  

Nah kalo arti jugling apa ya? ya artinya sama.

Nah beda halnya dengan clear lane. Clear lane merupakan aktifitas untuk menghabisi minion yang menuju turret. Jadi sekarang kalian tau kan, pengertian apa itu farming dan apa itu clear lanes?  

Hero di Mobile Legends mempunyai level setiap pertandingan. Pada awal pertandingan, hero akan berada di level 1. Lalu, level tersebut akan bertambah jika kalian membunuh Hero, Monster Hutan, turtle, lord, Minion atau Turrent. Batas level hero di Mobile Legends sampai level 15.

Lalu, apa sih manfaat farming cepat dan clear lane? manfaat farming dan clear lane adalah menambah level, jika level bertambah maka damage, kecepatan, HP atau lainya akan semakin bertambah.

Semakin tinggi level hero di Mobile Legends, maka akan terasa besar juga damage yang diterima. Misalkan level hero kamu 10 dan level musuh 8, maka kamu bisa membunuh musuh kamu dengan satu kali combo lho.

Sangat disarankan agar kalian terus meningkatkan level hero kalian agar Damage, Kecepatan, HP dll bisa semakin meningkat. Jika demikian, saat kalian duel 1v1 dengan musuh, kesempatan untuk menang sangat banyak.

Nah, karena begitu pentingnya meningkatkan level hero di mobile legends, kali ini saya akan memberi trik cepat naik level mobile legend

15 Cara Farming Cepat di Mobile legend

Artikel ini sudah diperbarui, terdapat gambar yang kurang update. Tetapi saya pastikan Info/Ilmunya UPDATE / TERBARU

Sangat penting untuk kalian ketahui bahwa cara untuk menjadi Pro player di ML, yaitu paham dan tau cara farming di Mobile legend. Kalian tidak bisa belejar farming dalam semalam, butuh berminggu minggu agar kalian bisa mengasai cara farming di ML.

Berikut adalah artikel yang akan membimbing dan mengajari kalian agar fast farming di Mobile legend

1. Gunakan Item Jungle

Cara farming agar cepat naik level hero di mobile legend yang pertama yaitu beli item jungle. Jika kalian menginginkan hero kalian cepat naik level dan bisa cepat farming, maka kalian harus membeli item jungle.

Apa sih fungsi item jungle di Mobile legends?

Fungsi item jungle di ML yaitu untuk

  • menambah damage hero.
  • menambah movement speed hero
  • mengurangi armor musuh
  • menambah damage ke monster hutan
  • mendapatkan tambahan exp saat Farming

Beli item jungle ini hanya bisa kalian lakukan jika menggunakan battle spell retribution. Selain menggunakan battle spell retribution, kalian gak akan bisa membeli item jungle ini. Oleh karena itu, pastikan kalian berperan sebagai jungler agar bisa menggunakan item ini.

Fungsi item jungle ini adalah untuk meningkatkan damage Spell Retribution kepada creep dan minion sebesar 150%. Selain itu juga bisa memberikan efek spesial jika digunakan kepada hero.

Ada 3 efek yang bisa diberikan kepada hero, tergantung item jungle apa yang kalian beli :

  • Flame Retribution : Memberi 100 true damage dan mencuri 58-100 physical attack dan magic power lawan selama 4 detik.
  • Ice Retribution : Memberi 100 true damage dan mencuri 72-100 movement speed lawan selama 4 detik.
  • Bloody Retribution : Memberi 100 true damage dan mencuri HP lawan sebesar 250+20% HP tambahan selama 4 detik.

2. Tidak Egois

Maksudnya lihat siapa yang lebih membutuhkan, jika ada team kalian mempunyai hero yang memiliki hero yang boros mana, berikan buff monster hutan pada hero tersebut.

Misalnya prioritaskan hero Fanny, Ling, dan assasins lainnya,

Sedangkan pioritas kedua yang harus diberi buff adalah Mage seperti, Harrith, Change, Harley dan lainnya.

Ketiga adalah berikan buff hero yang punya damage besar di late gam seperti MM, atau mage yang membutuhkannya.

Sedangkan pada Late Game usahakan kamu memberikan buff pada MM, Pasalnya di Late Game, MM adalah pengendali permainan, dan dapat menambah potensi kemenangan.

3. Farming Secukupnya

Farming seperlunya, maksudnya bila kalian ada di posisi top lane (lane atas), farming di bagian atas aja, jangan sampai farming sampai ke area bottom lane, hal ini bisa membuang-buang waktu.

selain itu, turret kalian akan mudah diserang oleh musuh jika kalian meninggalkanya. Jika kalian berada diatas, saran saya kalian sampai midlane saja, untuk clear lanes, & ganking musuh

Baca Juga: Arti dan Istilah di Mobile Legends Yang Wajib Kamu Ketahui

4. Membunuh Hero musuh

Trik Farming di mobile legend agar Level Hero Cepat Naik

Cara farming cepat di mobile legend / fast farming ini agak sedikit beresiko. Kamu bisa membunuh hero musuh untuk mendapatkan gold dan level up yang cepat.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum ingin membunuh Hero musuh.

  • Pertama, Pastikan terlebih dahulu HP kamu harus dalam keadaan full.
  • Kedua, Bekerjasamalah dengan team kamu untuk melakukan ganking
  • Ketiga, Jangan sampai kalian melawan 2 hero lawan sekaligus tanpa ada kerjasama dengan teman (kecuali terdapat berbedaan 2 level dengan musuh)

Ingat, kalian harus senantiasa main aman dan jangan barbar, meskipun musuh sekarat, jika kalian merasa tidak mampu ya gausah dikejar yang ada nanti kalian mati sia sia.

5. Hancurkan Turrent lawan

Trik Farming di mobile legend agar Level Hero Cepat Naik

Perlu diperhatikan,turrent memiliki damage yang besar terhadap hero, meskipun hero sudah level 15, kemungkinan besar hero kita akan mati jika nekat menghancurkan turrent sendiri.

Oleh karena itu, seranglah turrent bersama dengan minion. Dengan demikian, turrent akan sibuk membunuh minion, dan kita juga akan lebih mudah menghancurkan turrent.

Dengan menghancurkan turrent musuh, kamu akan mendapatkan hadiah berupa Gold dan Level up. Cara ini sangat ampuh untuk menaikan level dengan cepat.

Baca Juga : 12 Script Mobile Legend Terbaru (Diamond, Skin, Game guardian dll)

Namun tidak seperti turtle yang memberikan gold dan level up ke semua pemain, Hadiah yang kamu dapatkan dari menghancurkan turrent bisa kamu terima untuk diri sendiri.

Menghancurkan turrent juga akan menambah wilayah farming kamu, dengan begitu kamu bisa mengambil monster farming yang ada di wilayah musuh, dengan catatan kamu harus tetap berhati-hati, dan usahakan ditemani Tank ketika farming.

6. Membunuh Monster Hutan (farming)

Trik Farming di mobile legend agar Level Hero Cepat Naik

Membunuh monster hutan atau biasa disebut farming merupakan hal yang wajib untuk menaikan level hero kamu, namun jangan hanya fokus ke farming saja, namun harus diimbangi dengan clear lanes, hal ini agar hero kamu lebih cepat level up dan mendapatkan banyak gold.

7. Fokus Clear Lane

clearlane ml

Cara ini dikhusukan bagi kamu yang menjadi exp laner dan gold laner. exp laner biasanya dilakukan oleh assasins, fighter khusus EXP dan gold laner dilakukan oleh mm.

Jika kamu sedang menjadi offliner, jangan terfokus pada monster hutan saja, sebaiknya kamu lebih mementingkan clear lanes, dan juga menghancurkan turret musuh dan gold turret yang ada di 5 menit pertama permainan.

8. Gunakan Retribution

retribution

Jika kalian ingin cepat saat farming, sebaiknya kamu memakai Battle Spell Retribution. Spell ini berfungsi memberikan damage ke monster hutan sehingga farming kalian akan cepat.

Tapi kalau mau pakai spell ini pastikan kalian mengisi role jungler. Pastikan juga dalam satu tim hanya satu yang menggunakan spell ini.

Trik menggunakan retribution yang paling efektif adalah saat last hit jungle (saat moster jungle sekarat), apalagi saat turtle dan lord. Tujuannya agak tidak di sampah musuh.

NAMUNN..

kalian bisa pakai retri di awal kalau gak ada musuh disekitar kalian.

cara farming di mobile legend ini selalu diterapkan oleh pro player

Baca Juga: cara agar menang terus di rank mobile legends

9. Membunuh Minion

Trik Farming di mobile legend agar Level Hero Cepat Naik

Cara farming agar cepat naik level hero di mobile legend yang selanjutnya yaitu membunuh minion. Membunuh minion yang menuju ke turret atau biasa disebut clear lanes juga merupakan cara untuk meningkatkan level hero kalian.

Intinya, semakin banyak minion yang kalian bunuh, maka exp yang didapat juga semakin banyak.. Ingat tetap hati hati dan waspada jika ada musuh yang mendekat, jangan sampai kalian keciduk.

Baca Juga: Reset Win rate? Inilah 4 Cara memperbaiki Win Rate Mobile Legend

Meningkatkan level hero dengan cara ini memiliki manfaat lain diantaranya, menjaga turrent dari serangan musuh, manambah gold dan mencari informasi tentang keberadaan musuh.

Kebanyakan para pemula player di ML sering mementingkan farming (bunuh monster hutan) daripada clear lane (bunuh minion).

Padahal menurut saya, Trik menaikan level hero yang paling cepat yaitu clear lanes, namun disertai dengan farming, Hal ini agar balance dari keduanya dan membuat haro kita semakin cepat level up.

Tapi ingat, jangan membunuh minion sebelum lebih dari menit 5 pertama, kalau kalian menggunakan spell Retribution

10. Bunuhlah Lord dan Turtle

Trik Farming di mobile legend agar Level Hero Cepat Naik

Nah untuk melakukan hal ini, disarankan kalian melakukanya bersama dengan team kalian. Mengapa demikian, Karena kedua monster diatas memiliki damage yang cukup besar, terutama Lord.

Tapi kalian tetap masih bisa membutuh lord dan turtle sendirian jika masih ealy game

Formasi terbaik yang bisa digunakan adalah solo untuk fighter sebagai off laner, assassin atau hero jungler sebagai jungler, Tank bersama MM atau mage di Mid atau gold (Tank wajib menggunakan items Roam) Hal ini untuk membantu MM dan mage melakukan farming cepat di ML.

Pasalnya pada update terbaru, moonton menambahkan damage dan HP pada monster jungle sehingga hero akan kesuliatan membunuh monster tersebut, jika tifak membeli item khusus junggle dan menggunakan retribution.

Usahakan Midlaner selalu Roaming dan memantau keadaan Turtle, Ketika Turtle respawn segeralah untuk membunuh Turtle bersama-sama.

11. Curi Farming Musuh

fast farming ml

Jika sanggup, curi monster hutan di daerah lawan. Cara jungling/farming yang satu ini dapat beresiko namun dapat mengendalikan permainan, Pasalnya dengan cara farming di mobile legend ini kamu akan mendapatkan banyak gold dari pada musuh. Sehingga dapat mendominasi permainan.

Baca Juga: Cara Agar Tidak Bertemu Team NOOB di Mobile Legend

12. Lakukan Mapping

mengetahui posisi musuh saat farming

Selalu perhatikan map dan lakukan mapping, hal ini dapat membantu kamu untuk mengendalikan permainan serta memonitor musuh.

Cara menggunakan Mapping

Cara melakukan mapping cukup mudah, kamu cukup menggeser layar ke kiri atau kanan. atau dengan cara menekan pada area map, yang terdapat di sekitar musuh, Fungsinya tak lain untuk melihat keadaan sekitar kamu dengan lebih jelas.

selain itu, kalian bisa mengetahui posisi musuh (lihat gambar diatas), melalui skill musuh yang keluar & suara yang dikeluarkan saat kalian melihat area tersebut

13. Berhenti Farming ketika war

hero cepat farming

Jangan farming terus jika Team sedang war. Jika tim sedang membutuhkan bantuan, berhentilah farming dan bantu team kamu untuk mengalahkan musuh. Masalah ini sangat penting, jika kamu tidak ada disana, team kamu akan kalah, dan sulit untuk memenangkan permainan

14. Lakukan Ganking untuk menambah wilayah farming

gank musuh

Minta bantuan minta bantuan pada tank untuk melakukan gangking, Jika kamu midlaner, mintalah bantuan pada tank untuk gangking ke musuh di lane atas

Nah jika berhasil, selain bisa membunuh mush dan mendapatkan gold tambahan, kamu juga bisa mendapatkan wilayah farming musuh, dan bisa lebih cepat naik level. Penting!! Jika kalian ingin farming, kalian harus clear lane terlebih dahulu agar tower kalian tidak terserang.

Jadi intinya clear lane lalu farming, clear lane lalu farming dan seterusnya. Dengan cara itu kalian bisa meningkatkan level hero Mobile legends secara cepat bahkan tanpa harus kill musuh atau hancurin turret.

Tapi ingat hancurkan turet juga penting karena game bakal menang kalau semua turret lawan hancur.

BONUS TIPS MENARIK……

15. Tips jugling atau farming mengenai Buff.

tips buff mobile legend

Jadi apa arti buff di mobile legend? Buff mobile legend adalah Skill yang kamu terima ketika telah membunuh monster hutan.

Berikut perbedaan sistem dari buff merah dan buff biru:

Cara mendapatkan buff masih sama seperti dulu, Yakni Buff merah berada di bottom line, dan buff biru berada top line. Kedua buff ini pun dapat memberikan atribut yang berbeda, Jika pada sebelumnya sama, yakni hanya buff biru saja, Kali akan memberikan effek pada setiapr role yang kamu gunakan.

Buff merah :

  • memberi adaptive penetration, sesuai jenis hero.
  • memberi efek slow pada lawan setiap 3 detik sekali.
  • memberi regen HP.

Baca Juga: 16 Cheat Mobile Legend (Diamond, GG, Map, Skin dll) No Root & Root

Buff biru :

Kemudian untuk buff biru, kamu bisa mendapatkannya di lane atas, buff ini disarankan untuk digunakan oleh hero fanny, ling, dan hero yang boros mana.

  • mengurangi cooldown skill hero sebesar 10% selama 75 detik.
  • mengurangi penggunaan mana sebesar 60% dan energi sebesar 25% selama 75 detik.
  • memberi HP regen.

Baca Juga

Akhir Kata

Nah itulah 15 cara farming di mobile legend. Apabila kalian sudah menguasai keenam cara diatas. Bukan tidak mungkin, Kalian bisa panen kill dengan cepat. ok, itu saja tips nya semoga bermanfaat.

2 pemikiran pada “Cara Farming Cepat di Mobile Legend”

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait